Iklan :

21 Mei 2013

Evolusi Logo II


Kalau kita review lagi di part I dimana saya juga sudah pernah menuliskan tentang sebuah evolusi Logo, kali ini saya akan menambahkan logo-logo yang berevolusi sesuai dengan perkembangan jaman. Kira-kira logo apalagi yah ?, yuk coba kita simak isi postingan saya selanjutnya. 



Yah yang mendapat kesempatan pertama adalah logo VW. Kita mengetahui bahwa VW ini adalah logo dari sebuah merk Automotive. Diperkenalkan dari tahun 1939, logo tampak seperti gigi akan tetapi logo berkembang dengan berakhirnya perang dunia ke II. Sampai sekarang yang kita lihat logo berbentuk inisiasi VW dengan warna biru gradasi. 


Giliran Nike yang berevolusi sekarang. Jika kita melihat secara keseluruhan, logo NIKE ini berevolusi menjadi semakin simple. Dan ini adalah salah satu logo yang menarik jika menurut saya. sampai saat ini bentuk sederhana dari logo terbarunya kita bisa ingat terus. Bahkan logo ini memang memiliki positioning yang bagus sekali. 


Kalau dihitung Pepsi paling banyak melakukan perubahan pada logonya. Logo Pepsi dimulai dari tahun 1898. Logo Pepsi berawal dari Strip merah dengan dasar berwarna putih. Sampai sekarang kita melihat lingkaran akhirnya tidak mengungkung sang inisiasi. Seolah-olah ingin keluar dari belenggu dan menjadikan belenggu adalah peluang. 

Logo Walmart pertama kali ini ada sejak tahun 1962 dan pada saat itu logo hanya berbentuk Text. Text Walmart pada tahun 1962 sudah cukup baik juga yah, karena font ini sangat populer dijaman sekarang. Logo Walmart ini tidak bisa kita jumpai di Indonesia karena memang sepertinya Walmart tidak membuka gerai di Indonesia.


Bicara Pepsi maka tidak seru jika kita bicara sang penantang, Coca Cola. Warna merah yang melekat pada brand Coca cola ini memang salah satu brand yang mudah diingat.


Logo LG memang mengalami beberapa perubahan. Namun pada logo yang satu ini mengganti logo karena ada proses merger dengan sebuah Perusahaan lainnya. Berawal menggunakan nama Gold Star sampai dengan sekarang kita kenal di Indonesia dengan merk LG nya. 



Saya sering melihat symbol awal dari Master Card ini. Saya ingat-ingat dimana yah pada saat itu saya melihat, secara tahun 1966 saya belum terlahirkan kedunia ini. Setelah saya berfikir dan mencoba mengingat, saya baru sadar kalau logo itu memiliki kemiripan dengan logo Interstudy (kalau belum berubah). 

Jadi sebuah logo menurut saya wajar mengalami proses penambahan, pergantian ataupun pengembangan. Itu tidak menjadi masalahnya tentunya. Asalkan jangan sampai kita mengevolusi logo kita malah membuat konsumen kita bungung. Bahkan mendekati ragu, bahwa produk yang pernah dibelinya beberapa waktu lalu tidak sama dengan produk yang sudah dibubuhi oleh logo baru. 

Tetap harus ada sosialisasinya agar konsumen tetap kita tidak bingung menghadapi peruabahan tersebut. 




Salam Kreatif, 



@rie fabian -
















0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.