Iklan :

29 Juli 2012

Tips Membuka File Eps


File Eps adalah file yang biasa sering kita jumpai pada saat kita berhadapan dengan logo. Logo biasanya memang harus dikemas dalam bentuk eps, agar dapat dengan mudah diperbesar dan di resize sesuai dengan ukuran kebutuhan yang kita perlukan. 

Membuka file eps banyak cara dan softwarenya, dengan menggunakan Corel Draw, Adobe Ilustrator dan Photoshop. Buat Anda yang bukan designer sudah pasti agak jarang menemukan Software Corel atau Ilustrator didalam PC anda. Kalau Photoshop saya masih agak yakin ada didalam PC Anda.

Jika memang Anda hanya memiliki Program Adobe Photoshop didalam PC Anda, maka ada beberapa Tips dalam membuka file eps ini, agar kita bisa mendapatkan file yang maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Langkah pertama open with file eps Anda menggunakan Adobe Photoshop di PC Anda. Pada Photoshop versi CS 3 keatas sudah sangat mumpuni dalam membuka file Eps ini. 


Nah akan keluar dialog box seperti gambar diatas. Disana ada Width dan Height, isi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa Resolution diganti kepada Angka 300 Pixel / Inch jika kebutuhan Anda untuk Print Ad (percetakan). 

Jika kebutuhan Anda hanya untuk Screen Presentation maka pada bagian resolution tidak usah diganti, biarkan saja itu tetap 72. 


Dengan begitu Anda akan mendapatkan sebuah logo yang memang benar-benar maksimal dan bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika Anda sebuah perusahaan yang hendak memiliki Logo maka saya sarankan buatlah kepada Studio - studio design atau para freelancer yang memang sudah biasa membuat design. Karena sebuah Studio Design atau para freelancer graphic design biasanya memberikan file logo Anda dalam bentuk eps  beserta manual guide - nya yang sangat berguna dikelak kemudian hari. 

File eps ini memang sangat praktis digunakan, karena jika kita ingin mengirim logo kita dalam bentuk yang besar, maka akan mengakibatkan file menjadi besar. Dengan eps inilah kita bisa mengirim file dalam size file yang kecil namun kita bisa memperbesarkannya sampai 10 meter sekalipun. 

Semoga postingan saya dapat bermanfaat. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 



Reaksi Tulisan :

5 comments:

  1. like, like.... lanjutkn..
    anginalkahfi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.