Iklan :

27 November 2011

Sebuah logo yang berevolusi sesuai Jaman


Pernah lihat evolusi logo ini ? selain Apple masih banyak lagi logo yang berevolusi. Sebagai contoh kita simak gambar dibawah ini.




Kalau kita melihat logo Canon sekarang, sesungguhnya logo itu sudah berevolusi sebanyak 5 kali. Baru tahu yah .. ?? selain Canon kita dapat melihat Mozila dibawah ini. 



Pada evolusi logo google dibawah ini memang kurang berasa evolusinya, berkali-kali seperti mencoba font type yang pas. 


Pada dunia otomotive juga banyak yang telah berevolusi logo, simak dibawah ini : 






Canon sendiripun lebih banyak berevolusi logo dibandingkan dengan competitornya (Canon), mau lihat evolusi logonya Xerox, mari simak terus : 




Gak disangka Nokia pun ternyata melakukan evolusi logo sudah 5 kali. Selama ini kita hanya merasakan 2 kali logo ini berevolusi. 




Konon mitos mengatakan bahwa pergantian logo dapat merubah keberuntungan dalam menggapai satu pencapaian. Semua itu hampir bisa dikatakan TIDAK MUNGKIN, bila memang kita tidak membarengi dengan kerja keras. 

Mengevolusi logo bukan satu-satunya jalan untuk merubah nasib dari perusahaan. Jika memang ingin merubah, itu bisa dilakukan dengan cara berusaha dan terus evaluasi strategi. 

Ada pula yang terkadang menyebutkan bahwa logo mereka telah usang, tidak cocok dengan saingan baru mereka yang lahir pada saat sekarang, dengan demikian mereka mengganti logo tersebut demi menyeimbangkan positioning logo mereka dari competitor. 

Padahal sebuah logo yang dibuat sedemikian bersejarahnya membuat orang lebih percaya kepada perusahaan tersebut, karena konsumen akan mengetahui betapa lamanya usia perusahaan ini dari logo yang ada. 

Logo yang dibuat dalam pembuatan lama = bersejarah = tua = mempunyai banyak pengalaman. 

Maka dari itu harap dipertimbangkan kembali niat anda mengevolusi logo perusahaan anda sendiri. Atau jangan-jangan anda ganti logo lama anda dengan yang baru malah membuat konsumen anda tidak mengenali anda kembali. Mereka takut karena perubahan itu membuat kualitas barang tidak sama kembali seperti dulu, konsumen takut pelayanan perusahaan itu tidak semaksimal dulu. 

Karena masih ada sebagian konsumen yang hanya percaya pada logo lama Perusahaan kita sendiri. Proses re Branding untuk logo baru pun harus diberikan penjelasan secara berkala kepada konsemen loyal anda, agar mereka tetap mengenali Perusahaan anda sendiri. 

Yang paling terpenting, jika keputusannya tetap harus mengevolusi logo anda, buktikan bahwa sekarang anda jauh lebih baik dan mampu mensosialisasikan logo baru anda kepada konsumen anda. Dan tidak ada perubahan secara kualitas produk anda, selain peningkatan pelayanan maupun produk anda sendiri. 



Salam Kreatif, 


@rie fabian 

2 comments:

  1. kreatif dah, om arie ini memang hee

    logo memang perlu adanya revolusi namun jangan sampai membuat bingung apalgi menjauh dari logo awal, intinya jgn sampai kehilngn jati diri logo itu kali yah..

    salam kreatif

    BalasHapus
  2. Terima kasih om Jay ... samangat ..


    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.