Iklan :

1 Juli 2011

Kesan pertama harus menggoda selanjutnya terserah konsumen anda.


Kesan pertama memang harus menggoda lalu keputusan produk kita dibeli atau tidak itu sudah merupakan area berfikir calon konsumen kita.



Jika kita sudah memberikan design yang terbaik dan pelayanan terbaik itu sudah merupakan modal yang baik bagi sebuah usaha.

Banyak hal yang tidak pernah terfikir sebelumnya dibenak para owner sebuah perusahaan. Bahwa mana mereka memikirkan penjualan adalah hal yang mutlak ada pada tangan marketing yang baik.

Namun sesungguhnya tidak begitu juga keadaannya. Marketing memang bertugas menjual tapi lagi - lagi jika rasa sebuah design anda tidak sampai kepada segmen yang anda akan tuju maka itu bukan sepenuhnya kesalahan dari marketing.

Bayangkan ketika marketing ingin mempresentasikan sebuah produk - produk anda kepada orang yang sangat super sibuk, begitu mereka diberikan materi produk anda dengan layout yang terkesan asal maka dengan secara otomatis mereka akan malas membaca dan mengucapkan "Yah mas/bu, nanti proposalnya saya pelajari dahulu". Jika sudah demikian maka sudah hampir pupus harapan dari sang marketing jika follow up nya tidak gencar. Satu tatanan design yang benar adalah pada saat mereka mempelajari materi anda mereka tertarik dan mau membacanya sampai tuntas.

Dalam pembuatan materi dari produk anda dianjurkan menggunakan layout yang enak dibaca, satu tatanan layout yang tidak terlalu penuh dan membuat mata nyaman melihat dan meneruskan membaca ketulisan terakhir.

Jika sudah demikian maka akan mudah menggapai maksud dan tujuan yaitu menjual produk anda. Dan juga jangan dilupakan tekhnik penyusunan bahasa memang harus turut difikirkan agar dapat dimengerti oleh konsumen anda. Jangan memberikan materi bahasa yang tidak umum untuk sebuah materi jualan anda tetapi gunakanlah hal yang dapat menarik untuk dibaca.

Mulai dari headline sampai dengan isi materi dari sebuah satu kesatuan promosi anda. Ingat segemen yang anda tuju yang seperti apa ? gunakan materi bahasa yang memang diperlukan oleh segemen anda. Jangan memberikan kata - kata diskon jika memang itu untuk segmen atas karena mereka mengartikan diskon itu satu kamuflase yang tidak menarik tapi lebih tepatnya banyak menggunakan unsur fungsi dan kegunaan serta keuntungan si konsumen.

Tentukan perencanaan design anda dengan matang sehingga konsumen anda dapat menghargai produk anda. Semakin anda hargai merk dari produk anda maka semakin terlihat serius anda berjualan kepada konsumen anda. Rencanakanlah terlebih dahulu sebelum anda berjualan. Siapkan layout design yang menggoda orang untuk membaca materi anda, gunakan bahasa yang mudah dibaca sehingga konsumen anda fun membacanya.

Hanya anda yang mengerti segmen yang anda ingin tuju maka arahkan usaha anda kepada segmen yang ingin anda tuju, jangan hanya ingin mengejar segmen tapi persiapan anda hanya seminimal mungkin untuk mendapatkan segmen yang semaksimal mungkin. Menggoda ikan yang besar tidak bisa menggunakan umpan yang kecil.

Selamat mencoba.



Salam kreatif,



@rie fabian


0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.