Iklan :

30 Juni 2011

Persiapan secara Visual untuk Usaha anda.


Banyak orang yang sering kali berbicara tentang konsep yang ingin mereka bangun. Namun se sungguhnya bukan perkara apa yang diinginkan tapi apa yang direalisasikan. Untuk menjadi hal yang unik beda dengan yang lainnya saya katakan sekali lagi memang pasti membutuhkan biaya yang agak berlebih karena anda akan mengejar perbedaan antara anda dengan yang lainnya.



Tapi jika anda hanya sekedar mengejar ide yang biasa saja maka tidak akan nampak perbedaan antara anda dengan yang lainnya. Memang dilema pada saat anda berbicara ingin membangun sebuah konsep yang ideal untuk usaha anda dan ketika itu pula anda masih memikirkan biaya.

Satu konsep usaha yang sangat ideal menurut saya pada saat perencanaan memang harus memikirkan bagaimana membangun brand sebuah usaha anda. Jika sudah berbicara brand maka anda akan bertemu yang namanya visual image dari usaha anda sendiri.

Terlihat beberapa usaha yang memang timbul tenggelam karena memang tidak terlalu memikirkan uniquity dari sebuah produk maupun brand nya sendiri. Pada saat anda ditiru oleh pesaing anda dan pesaing anda membuat logo yang mirip - mirip dengan anda maka anda bingung bagaimana meneruskannya.

Suatu perencanaan yang benar adalah anda pertama kali memang harus memikirkan coorporate Identity dari usaha anda. Jangan anggap remeh temeh untuk yang satu ini. Karena disini anda akan dinilai oleh beberapa calon konsumen anda. Setelah anda mempersiapkan semua laporkan kepada lembaga yang memang khusus menangani hak cipta pembuatan coorporate Identity anda dengan kata lain diberikan hukum yang kuat atas coorporate identity anda.

Setelah anda membuat coorporate Identity anda buatlah sebuah guide dimana guide ini akan diperlukan untuk pengembangan usaha anda nantinya. Jadi buatlah dokumentasi untuk semua design coorporate anda. Satu contoh kasus yang sangat mudah kita temui adalah usaha waralaba "alfamart" dan "Indomaret". Kita lihat mereka menggunakan guide untuk visual mereka. Dalam membangun waralaba mereka dimanapun mereka selalu mempunyai warna yang sama, Logo yang sama, Design toko yang sama, dan seragam karyawan yang sama. Ini menjaga konsistensi dari Brand anda sendiri.

Setelah anda membuatkan dokumentasinya silahkan anda memulai merencanakan media yang efektif untuk anda berpromosi ria. Saat ini media sudah cukup banyak pilihan untuk usaha anda. Sebagai contoh media : Bisa anda merencanakan berpromosi lewat media elektronik seperti Televisi, atau media cetak seperti Koran dan media tekhnologi seperti website.

Gunakan media yang memang benar - benar efektif untuk usaha anda. Sebelum menentukan media yang pas tentukan segemen yang anda ingin kejar dimanakah mereka berkumpul. Belum tentu semua media pas untuk usaha anda. Sebagai contoh jika anda bermain pada segmen setempat anda berusaha saja tentu media televisi bukan media yang cocok untuk anda memasarkan usaha anda. Jadi pilihlah media dengan bijak.

Setelah anda memikirkan cara anda berpromosi cek kembali apakah produk anda memang benar - benar siap dipasarkan. Lakukan beberapa survei yang akan menentukan kepada siapa anda akan menjual produk anda. Setelah anda merasa produk anda memang benar - benar pas untuk dipasarkan, fikirkan layanana apa saja yang anda ingin ikut sertakan. Layanan antar jemput kepada konsumen, senyum sapa pada konsumen sampai hal memperlakukan konsumen secara nyaman berada dimana anda mendirikan usaha anda.

Pelayanan merupakan juga aspek penting. Jika produk bagus, pemasaran oke namun pelayanan mengecewakan maka mereka akan berbicara kepada yang lainnya bahwa pelayanan anda sangat buruk maka ini akan melahirkan persepsi yang buruk untuk usaha anda.

Setelah selesai dengan pelayanan marilah memulai usaha anda. Berkembang dengan waktu anda akan mengetahui secara detil satu - persatu masalah yang harus anda revisi dan perbaiki. Jika beberapa faktor diatas memang sudah siap anda jalankan maka anda akan menuai suatu hal yang cukup baik harusnya, jika belum lihat dan analisa setiap 6 bulan sekali maka anda akan melihat jelas dimana kurangnya pada usaha anda.

Membangun usaha tidak bisa langsung baik seperti yang semua orang inginkan. Membuka usaha memang harus prepare selama 6 bulan anda akan mengalami jatuh bangun. Analisakan selama 6 bulan berjalan mana yang sudah oke dan mana yang harus diperbaiki baik secara visual maupun komunikasinya.

Setelah itu akan ada periode kedua yaitu pada saat nanti di tahun pertama usaha anda berdiri. Layak atau tidak usaha anda diteruskan. Banyak orang yang cepat menyerah pada tahun pertama menganggap usaha tersebut tidak prospek namun satu hal yang anda harus ingt proses dan konsisten membuat anda menjadi besar jadi pertimbangkan kembali keputusan anda untuk menutup usaha anda. Lakukanlah se ideal mungkin.




Salam Kreatif,



@rie fabian 



0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.