Iklan :

2 Februari 2014

Antara Tools dan Hasil


Ketika seseorang client meminta saya untuk membuatkan sebuah Visual ataupun Design, maka masih banyak yang mempertanyakan akan Software apa  yang saya gunakan. Pertanyaannya agak nyeleneh menurut saya. Karena menurut saya mereka ingin membuat sebuah Visual yang bagus ataupun design yang bisa membantu permasalahan yang berurusan dengan seputaran promosi mereka. 
"Pakai Software 3D apa pak ?, Maya, 3D max ?" Sebuah pertanyaan yang menurut saya agak-agak menyinggung perasaan (he, he, he, bercanda).

Saya terkadang suka menjawab sambil bercanda, apapun yang bapak minta kita bisa kok. Kadang saya membuat design menggunakan Paint dan microsoft Exell, bingung kan ?, sama saya juga bingung kok buatnya, ha ha ha ha ha. 

Sudah seharusnya kita tidak lagi membicarakan tentang seputaran permasalahan tools yang digunakan dalam bekerja. Kali ini saya berbicara topiknya seputaran design dan kreatif tentunya. Memang benar, ada beberapa paradigma bahwa mengerjakan dengan menggunakan software grafis standard akan jauh lebih efisien dalam pengerjaannya. 

Kalau kita kembali lagi kepada kata efisien, maka saya pernah menyangsikan seorang kawan saya yang membuat sebuah design dengan menggunakan software bawaan linux yaitu "GIMP", dan ternyata dia lebih cepat dalam proses pengerjaannya dibandingkan saya minta dia menggunakan Photoshop. 

Dari situlah saya mengartikan, bahwa sebenarnya cepat itu permasalahan kebiasaan saja. Saya sudah mulai harus bisa menghargai beberapa pandangan dari banyak designer tentang caranya membuat sebuah visual. Dan selanjutnya saya hanya membuatkan sebuah simpul yang memang benar-benar diingikan oleh client pada Fabian Studio

Itu baru yang dinamakan efisien menurut saya. Dimana kita bisa berjalan dengan menggunakan cara kita masing-masing degan tujuan yang sama yaitu membuat sebuah Visual Design.  Maya, 3D Max, Houdini, Cinema 4D, dll semuanya memang hanya tools. Hanya saja logikanya begini, jika kita bisa menggunakan Houdini dengan satu kali proses, maka jika kita menggunakan maya membutuhkan beberapa kali proses. 

Tapi beberapa kali kalau memang bisa memanage kerjanya akan jauh lebih efisien dibandingkan orang yang biasa bekerja dengan Maya diminta menggunakan software yang lain. Karena perbedaan Tools dan cara memperkerjakan software itu sangatlah berbeda, apalagi jika memang Software Develop nya memang berbeda. 

Sekarang kita sudah sangat tahu bahwa teknologi memang sangat mumpuni didalam proses untuk pembuatan sebuah Visual Design. Software baru banyak bermunculan yang menurut saya itu sangatlah luar biasa. Software kecil tapi bisa membuat hasil yang baik sekali, dan banyak pula software tambahan yang digunakan untuk software besarnya. 

Seperti contoh dalam software pengelola gambar seperti Photoshop, kalau melihat para designer Fabian Studio bekerja sangat banyak sekali pluggin (software pendukung) yang digunakannya. Dan menurut saya itu sah-sah saja, asal bisa memenuhi kepatutan dalam menciptakan hasil. 

Buat saya, Fabian Studio harus terus berkarya dan harus selalu bisa menyelesaikan semua permasalahan baik itu dalam hal pembuatan Visual, Animasi maupun produksinya. Karena itu adalah tantangan yang selalu membuat Fabian Studio selalu berinovasi menjadi lebih besar dan lebih besar lagi. 





Salam Kreatif, 



@rie fabian -
www.fabianstudio.biz 


















0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.