Iklan :

14 Agustus 2013

Diskusi Bersama Kawan-kawan


Saya memang senang berdiskusi bersama, melahirkan ide-ide baru dan mencoba merejuvinasi ide lama. Kali ini saya berdiskusi dengan seseorang yang memiliki modal yang cukup dan ingin membuka toko online. Pasar yang ingin diambil adalah menengah-menengah. Barang yang ingin dijual adalah Handphone dan kedepannya akan menjalar kepada elektronik. 


Sebelum kita masuk kepada materi pembuatan visual (coorporate identity) maka kita baiknya membicarakan tentang diferensiasi terlebih dahulu. Lalu saya bertanya, toko online sudah banyak, apa yang membuat Anda ingin membuat toko online lagi ? 

Jawabannya simple : 
Toko elektronik diglodok itu berjejer, tapi mereka tetep laku aja kok. 

(agak nekat ini orang) .... 
Bener ... kalau kita bicara glodok itu wadah dimana kita tidak pakai memanggil orang maka orang sudah datang dengan sendirinya, karena kita sama-sama tahu disana adalah tempat berjualannya barang elektronik. Akan tetapi kasus membuka toko online ini kasus yang berbeda dengan analogi glodok sebenarnya. 

Kalau kita berbicara toko online maka kita akan berbicara bagaimana caranya memanggil orang untuk datang kepada kita. Dengan nama domain yang baru, dengan jaringan yang baru, tentu pekerjaan rumahnya akan menjadi lebih banyak. 

Lalu dia balik bertanya, kalau menurut saya bagaimana ? 

Wakakakakakakakakakakaka ...... 
(ini mancing apa memang beneran nekad yah) ..... 

Belajar kasus perkasus dari orang yang sering belanja online, dimana barang elektronik itu merupakan hal yang paling sulit dijual. Gak percaya ? survei aja ... 

Sulit jualnya karena transaksinya biasanya lumayan agak tinggi (diatas 1 juta). Dan model sekarang kepercayaan orang sedikit memudar akibat banyak oknum yang melakukan transaksi bodong. 

*Tansaksi bodong : modus penipuan berkedok toko online. Uang sudah ditransfer tapi barang tidak dikirim. 

Maka saatnya sekarang membuat model Cash On Delivery (COD) untuk membuat para pembelanja ditoko online Anda aman. Tidak pakai transfer maka ketemuan saja dengan orangnya lalu bayar ditempat. Sudah barang tentu dengan klosal yang sudah ditentukan modelnya. 

Atau bisa juga transfer uang 200 rb dulu barang sampai baru dibayar sisanya, jadi kalau memang transaksi gagal uang 200 rb nya tidak akan kembali. Jadi itu bisa mengganti uang pengiriman apabila terjadi cancel atau pembatalan.

Yang kedua, jangan memajang foto product yang tidak sama dengan produknya. Jujur menjadi modal penting dalam membuat toko Online. Spesifikasi barang pun harus sama dengan yang diantrakan. Karena sekali saja orang puas belanja diwebsite Anda maka dengan cepat tersebar kepada khalayak ramai. Mouth to mouth akan bekerja disini. 

Yang ketiga, kalau memang mau COD, siapkan orang yang memang khusus untuk mengantar. Lihat peluangnya, kalau baru awal Anda bisa menggunakan 1-2 orang untuk mengantar. Kalau memang kedepannya ramai maka Anda bisa mengembangkannya. 

Lalu bagaimana dengan yang luar kota Om ? 
(Tanya dia kembali)

(Wah kalau begini mah gw aja yang buka usaha) ....
wakakakakakakakakakakakakakaka .... 

Untuk luar kota buat program afiliasi. Dimana kita bermain jangan dengan banyak kota terlebih dahulu. Kalau memang sudah bisa berkembang di Jabodetabek, maka buat seperti agen disana dimana mereka yang akan mengirimkan barangnya ketika Anda mengirimkannya via layanan antar barang. 

Kalau permasalahan Cost produksi jadi lebih mahal, beban itu serahkan saja kepada calon pembeli. Ada klosal yang mengatur bahwa pengantaran untuk keluar daerah (Jawa khusunya) dikenakan charge lebih. 

Dengan begini maka calon pembeli bisa merasakan kenyamanan tersendiri untuk transaksinya. Dan ini bisa menjadi diferensiasi yang baik. Ketika kelemahan Toko bagus adalah jika sipenjual di Jakarta dan pembeli di Papua maka hampir bisa dipastikan transaksi itu tidak mungkin terjadi, karena tadi, tingkat kepercayaannya memang belum bisa segitunya pada saat ini. 

Dengan sistem Seperti diatas maka Anda bisa menyuguhkan kenyamanan kepada konsumen Anda dalam berbelanja. 

Lalu Strategi Marketingnya om ? 

(Busyet .... borongan kayaknya)

Buat program yang menarik agar membuat orang lain mau kedalam website Anda. Mau membuka dulu itu sudah merupakan satu peluang dia akan membeli. Berikan beberapa produk dengan harga diskon agar orang yang membuka toko online Anda tertarik untuk membeli. 

Bundling itu dari Budget promosi, atau memang kalau Anda pedagang pasti ada dong chanel-chanel yang harganya miring. Wong kalau saya telpon kawan-kawan saya aja yang bisnisnya handphone saya bisa dapat barang yang lebih murah dengan kualitas barang yang sama dengan toko lengkap dengan garansinya juga. 

Dan satu hal yang paling penting itu semua adalah passion Anda. 
Anda tidak melakukan itu karena keterpaksaan atau ikut-ikutan. Karena kalau hanya ikut-ikutan itu akan percuma saja, dan saya anjurkan mending tidak usah sama sekali. Karena nanti seiring dengan berjalannya waktu akan ada perkembangan baru, jika itu adalah passion Anda maka Anda akan dengan mudah mengikuti dan selalu mengikuti perkembangan-perkembangan itu dengan sendirinya. 

Anda akan memiliki hobi mencari kompetitor-kompetitor terdekat dengan usaha Anda, dan Anda akan mencoba mencari produk yang hapening dengan sendirinya, itu karena passion. Akan tetapi ketika kita berangkat dari ikut-ikutan maka itu semua tidak akan terjadi. 

Setelah itu rapih Anda bundel dengan rapih, maka baru Anda menuju penerapan visual. Pembuatan logo, web Designnya, kemasan pengiriman, sticker garansi Anda, Nota Anda, bukti pengiriman, Amplop, dll. 

Bisa dibantu juga itu Om ? 

(bener-bener deh ....) 
Kalau itu biar Fabian Studio saja yang membantu lewat supervisi saya nanti. 

Siap Om ....
Terima kasih .... 

Nanti saya akan buat dengan lengkap hasil dari resume yang tadi ditambah dengan ide-ide segar yang saya miliki. 

Jiah terima kasih doang ... Bayar .... 
wakakakaakakakakakaakaka (bercanda)

Setidaknya begitulah diskusi yang sering dilakukan ditempat saya. Disetiap harinya ada saja yang didiskusikan dengan orang-orang yang berbeda. Tapi saya senang kok memiliki banyak teman dan memiliki banyak pengetahuan. Karena dari diskusi begini saya tahu tempat beli hp yang murah, tempat beli komputer yang murah, dll, wkakakaakakakakakaka .... 

Modalnya tempat doang sama air putih paling.
Air putih mah kan gak beli, gratis dari Tuhan. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian -
































Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. emang mesti dihindari yg namanya ikut2an. gak ikhlas jadinya, terlalu mengada2, kerja biasa gak dianalisa.

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.