Iklan :

22 Juli 2013

Full Colour Printing Principal


Jika kita lihat gambar diatas, maka kita akan melihat sebuah gambar dengan warna yang terbatas. Cokelat muda dan hitam. Akan tetapi jika kita masuk kedalam dunia printing, maka gambar ini akan disebut gambar full colour (banyak warna). Bagaimana caranya kita bisa tahu dan mengerti kalau ini adalah gambar dengan katagori Full Colour, yuk coba simak postingan saya berikut ini. 


Ketika saya belajar ini, ketika itu adalah tahun 2001. Saya masuk kedalam dunia offset printing dan memiliki masalah yang sama dengan pertanyaan ini. Pada saat itu saya hanya berfikir saya sedang diospek oleh orang printing yang waktu itu berada di Kalibaru timur. 

Lalu tidak puas dengan kebingungan, saya ssegera mencari informasi, bagaimana caranya gambar yang terdiri dari 2 warna itu bisa disebut sebagai gambar full colour. 

Gambar itu dikatakan full colour, jika gambar tersebut terdiri dari 4 warna. Yang sering kita kenal dengan istilah CMYK. Lalu kita lihat kedalam software photoshop, maka kita bisa melihat pada bagian channel gambar. 


Pada bagian disebelah kanan Layers maka kita akan temukan Channels dan bisa kita buka. Ternyata gambar itu terdiri dari 4 warna yang disebutkan diatas.


Jika kita hilangkan satu channel saja, maka gambar itu tidak lagi disebut dengan full colour akan tetapi 3 warna. 

Gambar yang akan dinaikkan kedalam offset printing haruslah menggunakan format CMYK bukan RGB. Itu dikarenakan setiap kali kita mencetak maka kita harus membuat Plat masing-masing warna yang menggunakan system CMYK. Lempengan Plat itulah yang nanti akan membentuk sebuah gambar. 

Jadi jika Anda ingin melihat gambar Anda Pra Printing maka anda bisa mengkonversi gambar Anda dari RGB ke CMYK. Lalu silahkan Anda buka Channel yang berada disamping Layer. 

Itu sebabnya gambar diatas dikatakan dengan Full Colour. 






Salam Kreatif,



@rie fabian -
www.fabianstudio.biz 




















Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.