Iklan :

21 Juni 2013

Sekilas Dari Perjalanan Panjang


Sebuah Visual Design yang dibuat memang mempunyai banyak tujuan. Tapi untuk Fabian Studio sendiri saya selalu mengarahkan kepada satu tujuan, yaitu design yang Fabian Studio buat bisa membantu atau memang dibuat sesuai dengan keinginan para clientnya.


Berbagai macam designer dapat kita temukan didalam aktifitas kita surfing di internet. Dan masing-masing biasanya memiliki kekuatan sendiri-sendiri. Tapi tidak sedikit juga yang saya temukan dalam dunia maya sebuah design yang tidak memiliki pesan yang kuat. 

Dan semuanya tergantung maksud dari si Designernya sendiri, dan akan kita kembalikan kepada tujuannya didalam membuat sebuah design. Saya selalu meniatkan kepada diri saya untuk selalu menggali wawasan saya didalam pembuatan sebuah design yang bertujuan untuk memasarkan sebuah produk baik itu adalah produk dari Fabian Studio sendiri maupun produk dari cient Fabian Studio. 

Saya masuk kedalam industri percetakan sudah mulai dari 2001 dimana pada saat itu musim kesulitan melanda saya. Itu dikarenakan saya tidak berangkat dari konsentrasi ilmu yang cocok dengan percetakan. Dari sana saya banyak belajar, bertanya dan mencoba mengimplementasikannya kedalam sebuah materi pemasaran. 

Itu makanya kenapa Fabian Studio sampai saat ini masih mengerjakan pekerjaan produksi dalam bidang printingnya. 

Industri percetakan sama halnya dengan dunia teknologi. Kesanggupan sebuah mesin dalam memproses satu visual design terkadang tidak mencapai kesepakatan. Ada beberapa warna jika dalam bidang percetakannya memang harus dikejar dengan konsentrasi penuh karena memang teknologinya belum memudahkan, jadi biasanya dikerjakan secara manual. 


Seperti contohnya dalam pembuatan teknis pembuatan coster diatas. Setelah visual design selesai saya buat ada PR panjang yang harus dikerjakan yaitu bagaimana cara memproduksinya. Warna merah yang merupakan identitas dari Hotel itu sendiri memang harus terjaga dan mampu keluar konstan pada teknis pencetakannya. 

Maka proses dilakukan secara manual, alias warna merah pada proses cetaknya dijalankan sendiri. Kita tidak bisa menggunakan merah menggunakan teori CMYK seperti yang biasa dilakukan oleh mesin. Dengan mengoplos warna merah sesuai dengan keinginan pihak client kami, maka kami harus benar-benar mengeluarkan sesuai dengan keinginan client. 

Banyak proses yang memang harus dilakukan berdasarkan pengalaman bukan sekedar teori. Dibutuhkan kecermatan dalam proses agar mendapatkan hasil yang maksimal. Saya memang sangat berkonsentrasi pada warna yang mana itu adalah warna dari sebuah pemikiran panjang. Warna korporasi misalnya, dimana warna itu memang sangatlah sakral dan tidak bisa ditawar kadarnya. 

 
Belum lagi menyesuaikan warna dengan menggunakan mesin yang berbeda seperti contoh 2 gambar diatas. ada beberapa materi yang diproduksi dengan menggunakan 2 mesin yang berbeda, akan tetapi warna memang harus sama persis yang berarti itu bukan perkara mudah. 

Banyak sebagian orang meremehkan pekerjaan percetakan dimana harga selalu menjadi sebuah patokan kualitas. Karena sebuah persaingan yang ketat maka sudah menjadi rumusnya hargalah yang akan dibanting-banting, tapi saya selalu mengedukasi client-client dari Fabian Studio, tetap saja ada harga ada barang. 

Dimana harga yang baik akan menghasilkan sebuah kualitas yang baik dan harga yang standard akan menghasilkan sebuah kualitas yang standard. Saya tidak akan terpengaruh oleh hiruk pikuknya disana yang selalu membicarakan harga murah, kecuali jika brand Anda ingin dibilang murahan. 

Dan saya juga tidak memasang harga paling mahal sendirian tentunya, semuanya tetap saya jaga dari beberapa kompetitor yang agak sehat tentunya. Bukan berarti saya terus membicarakan tentang kualitas lalu memasang harga setinggi langit, pastinya tidak begitu. 

Dan jauh yang lebih penting dari perihal teknis, saya selalu memberikan edukasi yang sangat up to date kepada kawan-kawan di Fabian Studio. Itu semua agar pelayanan yang maksimal bisa diberikan oleh mereka kepada client-client yang mereka sedang pegang saat ini. 

Saya selalu membicarakan kepada mereka bahwa Tuhan selalu menilai dari usaha setiap umatnya, maka terus berkembang dan mau belajar merupakan usaha yang terbaik yang manusia dapat lakukan. Dengan begitu mereka selalu membaca berita terbaru dari seputaran design maupun produksinya, berita tentang isu yang berkembang, ekonomi kreatif, dan beberapa hal yang memang masih berhubungan dengan dunia kreatif. 

Hasilnya bisa dilihat sendiri, mereka mampu terus bertahan samapai sekarang setelah sudah menjalani 3 tahun lamanya. Itu semua dikarenakan mereka yang mau berkembang, terus belajar adalah modal dari sebuah ketekunan. Walaupun Fabian Studio masih bisa dikatakan kecil tapi mereka tetap selalu memiliki visi yang besar. 


Beberapa client mereka pegang dengan sungguh-sungguh. Mereka tidak membeda-bedakan client kecil dan client besar dalam melakukan sebuah tindakan, itu yang saya suka dari mereka. 

Oh iya buat para pengunjung blog saya yang ingin memiliki usaha atau yang sudah memiliki usaha, jangan ragu untuk menghubungi Studio yang saya sudah buat dari 3 tahun yang lalu ini, mereka tentu akan sangat senang membantu Anda dalam melakukan beberapa hal pada sektor-sektor promosi Anda.

Caranya mudah tentunya, Anda tinggal angkat telpon Anda maka selanjutnya kawan-kawan dari Fabian Studio yang akan berkunjung ketempat Anda, hanya semudah itu. 

Lagi-lagi semua itu mereka lakukan demi menghargai waktu Anda, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu meninggalkan pekerjaan Anda yang lainnya sehingga semuanya bisa berjalan secara bersamaan. Itu juga bisa memperpanjang usia Anda bukan, karena kita sudah sama-sama tahu bahwa macetnya Jakarta bisa memperpendek usia seseorang, ha ha ha ....



Salam Kreatif, 



@rie fabian -
www.fabianstudio.biz 







0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.