Iklan :

24 Juni 2013

Sebuah Perencanaan Promosi Part I


Saya dipanggil untuk datang ketempat client, dimana kali ini client saya ingin membuka sebuah usaha oto detail. Dia membidik sebuah tempat dibilangan ciganjur, Jakarta Selatan kalau gak salah. Lalu dia membicarakan semua tentang bussiness plannya kepada saya. Pasar yang dia ingin ambil adalah sebuah pasar dimana lokasi yang akan dibangun sebagai usahanya adalah sebuah sekolah, dimana para ibu-ibu yang menunggu anaknya sekolah sangat banyak sekali. 


Luas Lokasi yang akan dibangun untuk usahanya adalah 2000 meter. Dimana dia memang sudah merencanakannya dari 3 bulan yang lalu. Lalu dia bertanya kepada saya, apa yang saya bisa lakukan ? 

Saya berfikir sejenak .... 
Banyak sekali Pak. 

Pertama sekali adalah Brand Identity, dimana Bapak membutuhkan sebuah Logo, color Coorporate, yang akan dijadikan identitas usaha Bapak nantinya. 

Oke ... , jawab dia. 

Lalu ? 

Lalu yang kedua adalah koresponden, dimana jika Bapak memerlukan sebuah letter head untuk kebutuhan surat menyurat dimana Bapak akan mengajukan Proposal kerja sama dengan perusahaan Lain, saya ambil contoh adalah : 

Bapak ingin membuat sebuah proposal kerja sama untuk perusahaan Pemerintah, dimana setiap sabtu dimana mobil tersebut tidak digunakan sebagai operasional bisa Bapak bersihkan semua dan perjanjian itu akan memerlukan sebuah surat yang ada identitas Bapak. 

Amplop, dan memang segala kebutuhan untuk koresponden. 

Hmmmm ..... 
Lalu ? 

Setelah itu adalah pembuatan materi Signage seperti papan nama, bisa neonbox, ataupun billboard yang akan dibangun sebagai papan nama usaha Bapak. Lalu signage untuk rambu-rambu, dimana jika itu memerlukan sebuah alur dimana mobil harus masuk dan harus keluar disana akan membutuhkan rambu, agar nanti konsumen Bapak tidak merasakan kesulitan. 

Selanjutnya adalah materi promosi untuk Aktivasi Brand Bapak. 

Sebagai Contoh adalah, pad untuk kaki setelah orang Bapak selesai membersihkan mobil konsumennya, lalu cutting sticker yang bisa Bapak bagikan secara gratis yang harapannya akan mereka tempelkan kepada mobilnya, lalu bisa berupa merchandise agar mereka merasa ada perbedaan dan juga ada pula kartu member agar mereka dapat kembali lagi ketempat Bapak. 

Lalu kebutuhan untuk pembayaran, nota, bon, kwitansi, dll yang mana Bapak butuhkan untuk bukti pembayaran agar memudahkan proses transaksi nantinya. 

Untuk saat ini dimana saya baru berbincang kurang lebih 2 jam saya baru bisa menggambarkan hal tersebut. Nanti setelah saya diijinkan untuk datang kelokasi yang akan dibangun maka saya akan memberikan sebuah ide yang lainnya dengan menyusul. 

Oke ...., lanjut dia. 
Hari Rabu besok kita sama-sama berkunjung kelokasi bersama saya. 

Lalu sekarang saya akan menunggu hari Rabu setelah kontrak saya tanda tangani pertanda itu akan saya kerjakan dalam waktu 1 bulan pengerjaan dari saya melihat lokasi nantinya. 

Kurang lebih beginilah dialog yang saya bicarakan dengan client Jumat kemarin. Saya diberi kepercayaan untuk mengerjakan sebuah Carwash yang berdiri dikawasan Moh. Kahfi Ciganjur. Selanjutnya akan saya tuangkan kembali didalam tulisan blog saya ini. 


Thanks God .... 





Salam Kreatif, 




@rie fabian -

















0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.