Iklan :

1 Mei 2013

(mulai) Menggunakan 2 Monitor


Monitor adalah salah satu keperluan dari para designer untuk bekerja. Dimana jika kita seorang designer, maka monitor dapat berfungsi sebagai mata design kita. Baik buruknya monitor akan mempengaruhi hasil design yang akan dibuatnya nanti. 


 Dalam berkegiatan saya membuat design, saya biasa menggunakan beberapa alat - alat teknologi salah satunya adalah monitor. Untuk mesin saya menggunakan macbook pro 13 inch. Pada saat itu saya memilih Macbook pro dikarenakan saya ingin mendalami software Autodesk Maya yang sekarang saya beralih kepada autodesk 3D max. 

Menggunakan Macbook pro 13 inch memiliki kekurangan pada monitor. Secara monitor 13 inch mulai terasa kecil ketika kita sudah bermain design yang memang membutuhkan detil yang sangat tinggi. Ditambah lagi belakangan ini saya mulai menggarap beberapa kerjaan animasi, maka saya mulai menggunakan monitor tambahan alias menggunakan 2 monitor. 

Yang ideal memang menggunakan monitor 46 inch, wow pasti puas banget deh itu, tapi berhubung belum ada maka saya menggunakan monitor 17 inch. Jadi sekarang saya menggunakan 2 monitor yang digabungkan di Macbook pro saya. Yang menjadi permasalahan adalah, macbookpro tidak memiliki slot vga tambahan seperti halnya Laptop keluaran lainnya. 

Macbook pro mengerluarkan slot dfi, dan jadi PR tersendiri memang mencari converter dari dfi ke VGA. Tiba saat itu saya sedang menemani belanja gadget kawan saya ke ibox, maka disaat itu saya pun menanyakan kepada salesnya converter dari dfi ke VGA. Dan sales itu mencarikan barangnya dan menunjukkan barangnya kepada saya. 

 
Asal muasal saya hanya ingin melihat barangnya, soalnya tidak semua Ibox menjual alat ini. Saya pernah menanyakan di Ibox Living world ternyata tidak ada. Pada kesempatan kali itu saya menemani belanja kawan saya di Sumarecon mall Serpong dan ternyata ada. Belum ada niatan beli pada saat itu. Lalu saya menyerahkan kembali barang tersebut kepada Sales itu lagi. 

Lalu saya pergi meninggalkan kawan saya yang sedang melihat I Phone 5 untuk melihat store yang disebelah Ibox. Lalu selesai itu saya pergi makan dan kawan saya menenteng belanjaannya. Lalu dia mengeluarkan barang yang dibeli, "nih jo udah gue beliin" sambil mengeluarkan converter yang saya tanya tadi. 

Jiah ...... kenapa dibeliin, gue jadi enak deh. Harga converter ini Rp. 400.000,- dan bisa Anda dapatkan di Ibox yang lumayan cukup besar. Ibox yang biasanya menjual Accesoriesnya banyak. Kalau Anda ada disekitaran Tangerang, maka Anda bisa mendapatkannya di Summarecon Mall Plaza (SMS).


Penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal masukkan dfi cvonverternya ke dalam Macbook pro Anda, lalu Anda bisa masukkan kabel VGA monitornya kedalam dfi converter tadi.

Lalu apa keuntungannya membuat design dengan menggunakan 2 monitor ? 
Jelas banyak sekali, ini salah satunya : 

1.  Kita bisa mengontrol warna 
2.  Kita bisa menggunakan 2 Software grafis secara bersamaan
3.  Merasa lebih lega untuk bermain Adobe After effect

1. Mengontrol warna 

Monitor yang dimiliki oleh Macbook pro memang sangat bagus sekali. Itu bisa jadi Guide kita dalam membuat design dengan kebutuhan screen Monitor. Akan tetapi, jika kita bermain printing, maka saya merasakan sangat sulit sekali adjust warna didalam monitor Macbook pro ini. Maka dengan adanya monitor satunya, hasil printing bisa kita lihat realnya. 

Dulu sebelum saya menggunakan 2 monitor, dalam membuat design untuk implementasi kedalam printing, saya suka melihat dilaptop teman saya. Karena hasilnya lebih dekat dengan monitor laptop teman saya. Akan tetapi ketika saya sudah memiliki 2 monitor, saya sudah tidak melakukan hal itu lagi. 

Jadi kalau saya ingin membuat Animasi saya menggunakan acuan warna Macbook pro saya, akan tetapi jika saya ingin membuat design untuk kebutuhan printing, maka saya menggunakan acuan dari monitor saya. 


2. Menggunakan Software Grafis Secara Bersamaan.

Jika saya sebelumnya menggunakan software Photoshop dan ilustrator buka tutup, maka dengan 2 monitor ini saya tidak lagi buka tutup. Saya bisa membuka keduanya secara bersamaan. Dan untuk memindahkan file yang dibuat di ilustrator akan dipindah ke Photoshop, maka yang saya lakukan tinggal drag file tersebut tanpa melakukan save As. 



3. Lebih Lega 

Kalau kita bermain software movie editing, maka kita akan menemukan tools yang sangat banyak sekali. Sangat berbeda memang dengan software Graphic Design. Maka dari itu dalam menggunakan software Adobe After Effect atau Adobe Primer, 2 monitor sangat membantu kerja saya. 

Dimana tools saya letakkan dimonitor Macbook pro dan untuk preview jadinya animasi akan bisa dilihat dimonitor sebelahnya. Kalau kita membuat Animasi dengan menggunakan satu monitor akan sangat sulit sekali kita bergerak. Terlebih lagi jika yang kita miliki hanya Macbook pro 13 inch, berbeda jika kita memiliki I Mac. 


Dari ketiga fungsi itu saya merasa sangat terbantu dan sangat berpengaruh didalam waktu pengerjaan saya. Walaupun saya sepakat, sebaik apapun terknologinya tidak mempengaruhi hasil design, hanya semakin bagus gadget kita maka dapat mempermudah dan mempercepat pengerjaan dalam menyelesaikan project yang sedang kita kerjakan. 

Bagus atau tidaknya sebuah design bukan dipengaruhi oleh mesinnya akan tetapi oleh Usernya alias pengguna mesinnya. Namun sekali lagi untuk efisiensi seorang designer memang harus perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi pada jamannya. 




Salam Kreatif, 



@rie fabian -













0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.