Iklan :

2 April 2013

Tips Membuat Huruf Luar Ruang


Perusahaan atau kantor tempat Anda bekerja ingin membuat satu huruf untuk diletakkan diluar ruang. Hal yang paling sering kita lihat adalah huruf dengan menggunakan bahan steinless Steel, karena dinilai sangat ekslusif untuk sebuah kantor. Memang sebenarnya ada banyak pilihan selain menggunakan bahan steinless ini. 


Selain bahan Steinless kita juga bisa menggunakan bahan Accrylic untuk diletakkan diluar ruang. Jika kita lihat erha clinic, huruf yang diletakkan diluar gedung mereka sebagai inisiasi nama clinic menggunakan bahan Accrylic. 


Jadi steinless bukan satu - satunya bahan yang digunakan untuk membuat huruf yang diletakkan diluar ruang. Selain accrylic kita juga bisa menggunakan bahan yang bernama galvanis. 


Galvanis ini hampir sama jenisnya seperti Steinless, hanya saja galvanis ini hanya besi biasa tidak berwarna steinless. Galvanis digunakan biasanya untuk sebuah huruf yang memiliki warna. Atau huruf yang diletakkan diluar gedung itu ingin kita beri warna. 

Saya sering dapat pertanyaan dari client ketika membuat sebuah perencanaan huruf ini, kenapa saya menawarkan huruf dengan bahan steinless padahal logo mereka berwarna. Pada dasarnya steinlees itu bukan warna. Jika kita lihat dasaran warnanya adalah putih. Dan sebuah logo pasti dalam guide ada yang berwarna putih. Karena putih juga sebenarnya bukan warna yang dapat merusak pencitraan dari sebuah symbol ataupun type logo perusahaan itu sendiri. 

Jadi menurut saya, seharusnya memang tidak ada masalah. Akan tetapi jika Anda tetap menginginkan huruf itu berwarna seperti type logo Anda, maka gunakanlah bahan Galvanis ini. Galvanis ini diwarnai menggunakan cat duco yang notabennya itu dasarnya adalah cat oplos. 

Jika berbicara cat oplos maka mengejar warna sesulit apapun pasti bisa mendekati 90 %, tinggal tergantung yang mencampur warna saja. Ketika memang satu kali campur sudah menemukan warna yang sama, maka belilah agak banyak agar Anda tidak kehilangan warna itu sendiri. Karena pada saat pencampuran yang kedua pasti akan mengalami penurunan dari warna itu sendiri, secara manusia yang mencampur alias manual. 

Jika sudah mengetahui bahannya, sekarang membuat sebuah perencanaannya. Kita bisa membuat perencanaannya dengan menggunakan software grafis baik 2D maupun 3D. Jika Anda ingin membayangkan presisi pada saat dipasang nanti maka foto tempat Anda meletakkan huruf lalu buatlah dengan software grafis Anda. 

Akan tetapi tidak kalah pentingnya kita mengetahui perencanaan akan tinggi dan besar huruf. Kita bisa ukur bidang yang akan kita pasang huruf itu dan membuatnya disoftware grafis. Untuk kali ini saya biasa menggunakan software Adobe Ilustrator untuk membuat perencanaan hurufnya. 

Itu untuk mengetahui berapa tinggi dan lebar huruf dengan kita buat skala 1:10. Dengan begitu kita bisa membayangkan tinggi dan lebar huruf pada perencanaan dengan hasil jadinya nanti. Pastikan besar huruf itu terbaca pada saat dipasang nanti. Jika memang logo atau nama Perusahaan Anda baru dan masih awam orang membacanya, jangan sekali - sekali membuat sebuah huruf yang terlalu kecil. 

Selain sulit terbaca itu juga akan berdampak orang tidak aware akan huruf yang akan Anda buat. Karena dasarnya dibuat huruf yang diletakkan diluar ruangan menggantikan fungsi papan nama, maka buatlah yang seporposional mungkin dan terbaca. 

Setelah mengetahuinya baru sampaikan semuanya kepada penyedia jasa pembuat huruf. Kita sering menemukan bengkel - bengkel pembuat huruf ditempat - tempat yang kita lalui. Pilih bengkel yang memang sudah berpengalaman, karena dalam pengerjaan ini sangat memiliki resiko yang cukup tinggi. 

Jika Anda ditangani oleh bengkel yang tidak terbiasa mengerjakan perusahaan, maka mereka hanya mengerjakan sesuai dengan perintah Anda tanpa ada asistensi dari mereka. Perlunya sebuah asistensi dari mereka adalah ketika sebuah huruf yang Anda buat tidak porporsi maka jika mereka sudah berpengalaman mereka akan membicarakan kepada kita terlebih dahulu. Jika kita bilang tidak apa - apa barulah mereka akan mengerjakannya. Karena semua akan dikembalikan kepada client. 

Kontrol pada saat pengerjaan adalah hal yang tidak kalah penting. Karena jika sudah terpasang semua dan kita complain, itu akan sangat menyulitkan bagi sang pekerja. Terlebih lagi tempat pemasangan ada di ketinggian yang cukup merepotkan. Koordinasi pada saat pemasangan menjadi bagian penting dalam rangkaian kegiatan pembuatan sebuah huruf itu sendiri. 

Dan setelah jadi bayarlah sisa pembayaran dari donwpayment 50 % Anda kepada bengkel tempat Anda membuat huruf, ha ha ha ha .... karena proses pembayaran diawali dengan downpayment 50% dan sisa pembayaran setelah selesai pengerjaan. 

Maka sekarang seharusnya Anda sudah bisa melihat huruf diluar ruang Anda, bagaimana hasilnya ? 

Ceritain yah dengan menuliskan komentar dibawah tulisan saya ini .....



Salam Kreatif, 




@rie fabian -







Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.