Iklan :

23 April 2013

Terus Berkembang


Salah satu tandanya makhluk itu tetap hidup adalah berkembang, setidaknya analogi inilah yang saya gunakan untuk membangun usaha saya dibidang kreatif. Saya mencoba mengembangkan diri mulai dari pengerjaan visual yang berbau printing saja, sekarang saya mulai mengembangkan diri untuk membuat visual yang berbasis 3D Software. Dan terkadang berkembang itu juga merupakan satu keputusan yang sulit dalam membangun sebuah usaha. 


Karena disaat kita dalam keadaan nyaman, seolah enggan untuk mengembangkan diri lagi. Itu dikarenakan kita selalu takut akan kehilangan ritme kerja kita yang sudah menjadi rutinitas. Membangun ketidaknyamanan menurut saya sangat penting dalam mengembangkan usaha. Karena kalau kita sudah berasa ada dititik nyaman, biasanya kita selalu enggan untuk mengembangkan diri lagi. 

Padahal kita selalu tahu, kebutuhan orang dinamis, selalu berkembang dari sekarang sampai nanti. Dan celakanya lagi itu tidak akan pernah berhenti. Jadi kalau saya tidak berkembang, maka saya merasa saya akan ditinggalkan oleh para client saya, setidaknya itu baik untuk menjadi motivasi bagi diri sendiri. 

Membangun ketakutan sama sulitnya dengan membangun keberanian. Kenapa ketakutan itu harus dibangun ?, karena menurut saya ketakutan itu tetap diperlukan jika kita memang sudah bisa membangun keberanian. Begitu kita menjadi pemberani dalam memulai sebuah usaha, maka harus selalu dibuat seimbang dengan menghadirkan rasa takut. Kalau tidak demikian maka kita akan cenderung menjadi orang yang "sembrono" nantinya alias menggampangkan semua hal. 

Maka kali ini saya membangun ketakutan saya dengan pertanyaan "jika saya ditinggalkan client - client saya, maka saya harus jualan apa ?" 

Setidaknya itu adalah pertanyaan ketakutan yang sangat ampuh untuk diri saya agar selalu berkembang dan berkembang lagi. 

Susahnya usaha dengan menjadi seorang pekerja kreatif paruh waktu adalah mencari client. Dan setelah kita dapat tinggal merawatnya agar kita bisa dipercaya dalam mengerjakan project - project yang mereka hadirkan. Jika itu memang bidang saya maka saya akan mengatakan sanggup saya kerjakan, tapi jika itu bukan bidang saya, maka saya juga berani mengatakan tidak bisa saya kerjakan. 


Berawal dari sebuah pengerjaan design untuk kebutuhan Printing, maka saya terus mencoba mempelajari pembuatan visual untuk kebutuhan aktivasi sebuah perusahaan (Event). Dimana akhirnya saya harus memanggil guru kerumah untuk mempelajari software 3 Dimensi. Itu semua saya lakukan agar saya bisa terus berkarya dan membantu permasalahan - permasalahan client - client saya. 




Dan itu memang membutuhkan lagi - lagi pengorbanan. Untuk membangun itu saya harus meninggalkan sejenak design - design yang biasa saya kerjakan. Tapi Alhamdulillah, akhirnya saya sekarang bisa membuat sebuah design yang dapat membantu  client - client kami untuk menjalankan rencana promosinya. 





Salam Kreatif, 



@rie fabian -

























Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. Berkembang untuk menjadi lebih kreatif, adalah keputusan yang bijak. Salut. Semoga semakin sukses....

    BalasHapus
  2. Amien ... terima kasih yah mas ..


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.