Iklan :

19 April 2013

Membuat Perencanaan Design Untuk Kemasan


Membuat Design kemasan adalah salah satu project yang dikerjakan oleh Fabian Studio. Maka saya akan terlibat didalam pembuatannya. Saya mendapat telpon dari PT. Elang Jelajah Indonesia, sebuah Perusahaan yang bergerak dibidang minuman khususnya kopi, maka Fabian Studio dipercaya dalam membuat sebuah design kemasan untuk produk dari PT. Elang Jelajah Indonesia. 

Buat saya pribadi, dalam mengerjakan sebuah design untuk kemasan, maka yang harus kita mengerti adalah produknya terlebih dahulu. Dimana kali ini adalah produk kopi. Bukan hanya satu produk saja, melainkan ada 6 produk yang akan dibuatkan designnya.

Kopi yang pertama adalah kopi jenis kopi Luwak, ada kopi Robusta, ada kopi Jahe, sampai dengan kopi Gingseng. Dalam permasalahan kali ini saya hampir bisa dikatakan penikmat kopi. Saya sering menghabiskan waktu di Mall untuk meminum segelas kopi untuk menikmati sore dan malam hari. Tapi memang ada beberapa kendala, saya tidak mengerti dengan baik bagaimana dengan rasa dari kopi gingseng dan kopi jahe. 

Untuk Kopi jenis itu hampir bisa dikatakan saya belum pernah mencobanya. Jadi saya diberikan produknya untuk dicoba, wow ... jadi banyak sekarang kopi dirumah saya. 

Untuk pertama kalinya saya memulai membuat design kemasan untuk kopi Jenis Robusta. Kopi jenis bubuk ini memiliki nama Kopi Robusta. Yang nantinya akan kita jumpai didalam gerai Lotte Mart. Mereka hanya menggunakan jenis kemasan Almunium Foil untuk pembungkus dari Kopi Robusta ini. 


Kopi ini akan dijajakan kepada segmen kelas C dan D. Harga kopi ini juga tidak begitu mahal alias masih terjangkau untuk C dan D. Maka dari itu saya membuatkan designya yang nanti akan menjadi labeling didepan dari produk ini dengan dasar warna Pitch / kuning muda. 


Sebelum menjadi sebuah design ini, saya intens menanyakan beberapa pertanyaan yang akan menjadi materi dari sebuah design ini. Dari mulai warna sampai pengalaman - pengalaman sang owner dalam ketertarikan kepada kopi. Itu mengapa saya memang harus banyak membaca kembali tentang kopi, agar dapat mengimbangi pembicaraan disaat berbincang dengan sang Owner. 


Nah nanti untuk Final Artworknya kurang lebih jadi seperti itu deh ....... 

Dan itu baru pengajuan dari saya, doakan saya mudah - mudahan diterima design saya ini. Dan pekerjaan ini sangat berkesan sekali buat saya, karena saya belajar banyak dari sang Owner tentang permasalahan kopi. Memang sangat menarik bekerja sebagai kreator visual. 




Salam Kreatif, 




@rie fabian -












Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. mantep bener ni ilmunya, nice post gan.. :D

    BalasHapus
  2. Super sekali bro... Semoga sukses.

    BalasHapus
  3. Thanks temen - temen ...



    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.