Iklan :

10 April 2013

Membuat Outline Stroke di Ilustrator


Hai, ketemu lagi dengan saya, Arie Fabian. Dalam sesi kali ini saya ingin membagikan tips dasar mengenai Software Adobe Ilustrator. Hal yang menarik dari sebuah design yang menghasilkan gambar vektor ini adalah ketegasan. Gambar yang dibuat oleh software ini memang sangat tegas dan agak sedikit berbau kartun, walau sudah banyak yang hebat dalam tracing foto dengan menggunakan software ini, tapi apapun itu saya tetap bisa mengetahui kalau itu memang dibuat oleh software Adobe Ilustrator. 


Kali ini saya ingin membahas tutorial dasar Adobe Ilustrator yang berjudul membuat Stroke pada Adobe Ilustrator. Karena kita sering sekali membuat sebuah design yang menggunakan Stroke, kalau di Adobe Photoshop sudah saya bahas ditutorial sebelumnya. Kali ini saya ingin membahas bagaimana jika kita melakukannya menggunakan Software Adobe Ilustrator. 

Pertama kali seperti biasa, buka Software Adobe Ilustrator Anda.  Kali ini saya menggunakan Software Adobe Ilustrator CS 5, tapi untuk tutorial ini, Anda menggunakan versi berapapun pasti sama hasilnya.


Setelah membuka Software Adobe Ilustrator Anda, maka sekarang Anda buat new > document. 



Saya menggunakan standard screen saja pada jaman dahulu kala 800 x 600 px, he he he. Ingat jaman dulu yah, waktu monitor masih tabung. 



Buatlah text dengan memilih tool T yang berarti text. Lalu tuliskanlah beberapa kalimat untuk nantinya Anda buatkan strokenya. 


Kali ini saya membuat tulisan "let's Share Your Knowledge" dengan menggunakan warna hitam. Lalu copy paste tulisan sebanyak 3 kali. 



Sekarang berarti Anda sudah memiliki 3 tulisan yang sama. Lalu sejajarkan ketiga tulisan tersebut, dan klik tulisan yang paling bawah. Lalu berikan Stroke seperti contoh dibawah : 


Pilih gambar stroke pada bagian kanan yang ada didalam software Adobe Ilustrator Anda, lalu buka optional seperti yang diatas. Untuk text bagian bawah berikan stroke dengan weight 14 pt. Lalu lanjutkan pada bagian bawahnya dengan memilih seperti contoh dibawah :



Lalu text yang kedua, buatlah pilihan weight 5 pt dengan warna yang berbeda. Jika text yang pertama kita menggunakan warna putih, maka yang kedua gunakanlah warna yang berbeda dari yang pertama. 

Untuk memilih warna stroke, kita bisa menggunakan tools seperti dibawah. Klik dan pilih warna sesuai dengan keinginan Anda. 



Jika sudah, maka seharusnya Anda akan mendapatkan hasil gambar seperti ini :


Stroke yang pertama saya berikan warna putih, kedua saya berikan stroke warna merah dan yang ketiga saya tidak memberikan stroke pada tulisan saya. 

Lalu apa yang bisa kita perbuat dengan tulisan diatas, sekarang kita tinggal memberikan background sesuai dengan keinginan kita. Seperti contoh saya memberikan background orang dan beberapa gelembung yang dibuat di software Adobe Ilustrator. 

Final Design

Sekarang saatnya Anda mencoba ..... 




Salam Kreatif, 



@rie fabian 







0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.