Iklan :

27 Maret 2013

Tips Menggunakan Shape Pada Photoshop


Kalau Anda tidak percaya bahwa design diatas dibuat dari 0 dengan menggunakan Adobe Photoshop, maka Anda perlu melihat tutorial yang saya buat dibawah ini.




Membuat Design di Photoshop bukan cuma editing saja. Membuat perencanaan konsep dari awal pun sebenarnya bisa dilakukan disoftware ini. Salah satu contohnya saya buat design untuk 3R diatas. Design yang saya buat itu pure menggunakan software Adobe Photoshop tanpa mengambil gambar dari sana - sini.


Seperti tutorial terdahulu, silahkan Anda buka Adobe Photohsop Anda. Tidak masalah Anda menggunakan Adobe Photoshop versi berapapun, karena seingat saya, jaman dulu waktu saya masih menggunakan Software Adobe Photoshop versi 7.0 pun feature ini sudah ada. 


Setelah sudah membuat new document maka yang perlu Anda lakukan adalah membuat background berwarna untuk dasar design Anda. 


Lalu Anda klik Tool custom Shape Tool dan pilih shape yang Anda inginkan, atau jika Anda ingin mengikuti design yang saya buat, Anda bisa klik shape yang sama seperti saya. 


Jika memang pilihan Shape ditempat Anda terbatas, maka Anda perlu membuka semua jenis Shape yang ada pada software Anda. Karena default dari Photoshop hanya membuka sedikit pilihan pada shape. Lalu Anda perlu mengklik sebelah kanan tanda panah, lalu klik All. 


Jika sudah akan muncul dialog box seperti dibawah. Jika Anda mengklik Append maka Anda menambahkan semua shape kedalam kolom Shape Anda. Jika Anda klik Ok maka kolom Shape Anda akan tergantikan dengan yang baru saja Anda ingin masukkan. Kali ini saya memilih Append.


Sekarang Anda lihat lagi kolom Shape Anda, maka sekarang sudah bertambah banyak pada kolom Shape Anda. Sekarang yang pertama pilihlah Shape yang seperti saya pilih untuk ornament belakang. 


Pada bagian sebelah atas, ada tiga pilihan saya memilih bagian yang tengah untuk menentukan shape itu tidak menjadi path. Seperti gambar dibawah ini. 


Setelah Anda memilih shape ornament tadi dan mengklik pada bagian atas kebagian tengah, maka Anda sekarang tinggal memasukkan shape tersebut. Setelah Anda masukkan klik tanda panah hitam pada bagian Tools. 


Setelah itu, klik kanan pada shape yang sudah Anda pilih dan lalu pilih make selection. Lalu pilih warna putih sebagai warna yang akan kita gunakan untuk ornament tersebut.




Make selection pilih feather radius 0 pixel dan klik Ok. Nah sekarang Anda sudah memiliki satu ornament. Tugas selanjutnya adalah mengcopy paste ornament tersebut dengan cara menekan Alt dan menggeser ornament tersebut.


Sekarang Anda sudah memiliki banyak layer untuk membuat sebuah ornament yang Anda buat dari Shape, maka sekarang klik semua layer dan tekan ctrl + e (untuk menggabungkan semua layer).


 Masuk kedalam layer background dan buatlah warna gradasi pada background Anda, agar terlihat lebih menarik. Klik Tools seperti gambar dibawah ini, lalu pilih warna biru dan turunannya.


Sekarang Anda sudah memiliki warna biru pada background dan ornament yang menjadi background keduanya. Seharusnya persis seperti gambar dibawah ini.


Sekarang kita tinggal buat symbol 3R yang akan kita ambil dari shape juga. Lakukan hal yang sama seperti diatas, lalu pilih jenis shape symbol 3R.


Pada symbol 3R tersebut, berikan layer style dengan klik dua kali layernya. Lalu buat settingan seperti dibawah ini.



Settingan Bevel

Settingan Gradient Overlay


Settingan Drop shadow

Jika sudah buatlah font bertuliskan Recycle, Reduce dan Reuse. Lalu masuk kembali kedalam Shape sama seperti diatas. Lalu pilih shape Checklist. Buatlah masing - masing checklist didepan masing - masing tulisan.


Shape Checklist


Nah jadikan ? 

Sekarang Anda sudah membuat sebuah design yang bisa bermanfaat buat orang banyak. Print dan tempel, minimal diruangan Anda. Mudah - mudahan ini bisa jadi bermanfaat untuk keluarga kita sebagai pengingat kita sendiri agar dapat memaksimalkan barang yang tidak terpakai dan menghindarkan penggunaan kantong plastik. 

Untuk pertanyaan sekitar tutorial ini, Anda bisa tulis dikomentar atau keemail saya di ariefabian@gmail.com. Jangan lupa follow twitter saya untuk mengetahui twit - twit tentang seputaran design dan sekitarnya. 

Mari menjadi kreatif, setidaknya itu dimulai dari diri sendiri. Agar kita bisa dapat bertahan dan mampu hidup dikaki sendiri. 



Salam Kreatif,



@rie fabian -








Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.