Iklan :

5 Maret 2013

Mempertimbangkan Kerja Sama


Kerja sama memang banyak dilakukan oleh seseorang yang ingin membuat usahanya tambah maju lagi. Karena pada dasarnya jika saya mengacu kepada sebuah perusahaan - perusahaan raksasa seantero jagad, jarang sekali yang hanya memiliki satu kepala. Bahkan saya mengatakan itu hampir mustahil dilakukan sendiri. Maka dari itu kerja sama menjadi penting dalam usaha membangun bisnis. 

Ada beberapa pertimbangan jika saya memutuskan saya harus bekerja sama dengan siapa. Beberapa pengalaman sudah saya lewati, dan bekerja sama dengan beberapa macam model manusia pun sudah saya cicipi.

Dari dulu sampai sekarang, saya masih tetap tidak berubah, saya selalu ingin melakukan kerja sama kepada orang yang memiliki etika yang baik. Cari orang yang jujur memang sedikit sulit kalau masuk didalam ranah bisnis ini, benar dan salah terkadang memiliki gradasi warna yang sangat tipis, bahkan semuanya hampir abu - abu. 

Jadi tidak akan terjadi hubungan kerja sama jika kita mengharapkan untung disatu pihak saja. Maka saya lebih mengutamakan untuk bekerja sama dengan orang yang memang etika baik. Etika baik itu meliputi omongan dan tindakan selalu sesuai, tidak luput dari kesalahan memang. Karena kita terkadang memang harus memaklumi yang namanya manusia tidak akan luput dari salah. 

Sekali - sekali tidak sesuai pun tidak apa, jika memang dia memiliki etika yang baik maka dia akan mengerti bagaimana caranya menyelesaikan permasalahannya. Banyak manusia diluar sana yang hanya memikirkan semata, walau terkadang saya masih berurusan dengan orang - orang seperti itu sekarang ini. 

Itu tetap sah saja kalau menurut saya, karena dalam bisnis kita tidak juga bisa mengharuskan semua orang seperti yang kita inginkan. Asal mengerti triknya maka kita bisa selamat berurusan dengan orang yang jenisnya seperti itu. 

Saya sering melakukan kerja sama dengan 2 model, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjangnya pun terukur, bukan panjang yang tidak terbatas. Itu pasti akan menyulitkan kita dalam melakukan satu hubungan kerja sama. Ada contoh kasus hari ini kita masih bisa satu visi dan pada 1 - 2 tahun kedepan terkadang bisa sangat jauh berbeda dalam menentukan visi. 

Maka dalam jangka panjang pun saya gunakan waktu paling lama 2 tahun dan surat hitam diatas putih kita perbaharui bersama. Untuk jangka pendeknya bisa 1 - 3 bulan, itu berguna untuk menentukan strategi - strategi pengembangan didalam menentukan arah. 

Susah - susah gampang dalam melakukan hubungan kerja sama memang. Makanya saya sangat salut jika ada sebuah perusahaan yang dibangun oleh beberapa orang dan sampai akhir perusahaanya masih tetap dengan orang yang sama. 

Bahkan seperti yang kita tahu, steve job sendiri saja sempat hengkang dari Apple karena ada permasalahan. Tapi memang begitulah dunia bisnis yang selalu bisa berubah setiap saatnya. Perkembangan selalu terjadi disetiap detiknya, dan hal itu dapat merubah perspektif pandang dari waktu ke waktu. 

Jadi selain hitam diatas putih saya merasa faktor kenyamana dalam hubungan kerjasama juga memiliki nilai yang sama pentingnya. Karena tidak jarang  juga terjadi konflik karena ada perasaan tidak nyaman dikedua belah pihak walaupun disana ada hitam diatas putih. Bahkan tidak sedikit pula yang berujung pada pengadilan. 

Mudah - mudahan kita semua tidak mengalami itu yah, karena akan sedikit menyakitkan bila kita fikir awalnya kita bekerja sama dengan baik dan berakhir di meja hijau. Saya sangat menyayangkan sekali kondisi itu. Karena kalau memang diawali dengan baik - baik maka seharusnya bisa diselsaikan dengan baik - baik juga, setidaknya itu harapan semua orang bukan ? 




Selamat pagi dan salam kreatif, 



@rie fabian -










2 comments:

  1. terima kasih kakak atas postingannya yang menginspirasi

    BalasHapus
  2. Sama - sama ...





    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.