Iklan :

10 Januari 2013

Tutorial Text Effect Pada Photoshop


Text juga merupakan elemen penting dalam sebuah design. Dimana satu rangkaian text bisa membuat sebuah layout menjadi keren. Tidak sedikit juga sebuah design yang mengandalkan sebuah rangkaian text sebagai element utamanya. Mau buat rangkaian text seperti diatas, mari ikuti tutorialnya dibawah ini. 

Tutorial ini disponsori oleh Fabian Studio yang selalu ingin membagikan beberapa teknik membuat Indah sebuah design. Pertama - tama Anda bisa membuat sebuah layer kosong atau new document pada softaware Adobe Photoshop Anda. Jika Anda ingin mengikuti saya, maka Anda bisa buat New Document dengan material sebagai berikut :


Setelah itu, buatlah layer background menjadi hitam. Dan mulailah membuat text dengan tulisan "what do you think" dengan font sebagai berikut : 


Jika Anda tidak memiliki font tersebut Anda bisa mengunduhnya di link dibawah ini : 



Lalu susun text seperti contoh diatas, dimana susunan itu akan menjadi sebuah susunan kebawah. Setelah itu copy layer text sehingga sekarang kita memiliki 2 layer text. Buat layer baru diatas layer text yang ingin kita buat, lalu short kedua layer tadi (Layer kosong dan layer text dibawah layer kosong) lalu tekan ctrl + e .

Menggabungkan 2 layer kosong dengan layer text ini berfungsi menghilangkan element text menjadi elemen gambar. Jadi sekarang kita sudah tidak bisa mengedit font yang tadi sudah kita ketik. Ini akan memudahkan kita dalam mengedit efek pada bagian belakangnya nanti. 

Setelah itu gunakan layer blending. Masuklah ke bagian Stroke pada layer blending. Gantilah warna stroke menjadi putih. Lalu isi stroke dengan angka 35. 



Setelah sudah dibuat, lalu lakukan sekali lagi seperti diatas. Buat layer kosong diatas layer ini. Setelah itu gabungkan kembali layer stroke tadi dengan layer kosong dengan menekan tombol ctrl + e. Maka sekarang kita sudah memiliki sebuah layer yang berisi stroke dan blending mode pada stroke akan hilang dan tidak bisa diedit. 

menggabungkan 2 layer (layer kosong dengan layer yang sudah ada blending mode nya)

Untuk penggabungan yang kedua ini kita akan mendapatkan option blending mode yang sudah kita buat tadi akan hilang. Sekarang seolah - olah kita memiiki image stroke putih yang kita buat bukan dari blending mode. 

Lalu kita klik 2 kali pada layer yang sudah kita gabungkan tadi untuk menambahkan blending mode kembali. 


Lalu sekarang kita edit patern overlay pada bagian blending modenya. Setelah itu jika memang patern belum ada, kita bisa menambahkan dengan cara seperti diatas, Add > Color papper. 


Setelah itu kita akan mendapatkan dialog box seperti diatas, maka klik Append pada dialog box tersebut. 


Anda akan mendapati penambahan pada patern Anda seperti diatas. Lalu pilihlah seperti yang saya pilih pada gambar diatas. Maka sekarang Anda sudah mendapati sebuah stroke putih yang berpatern kertas seperti gambar dibawah. 



Sekarang kita tinggal membuat efek terlipat yang dipojok atas kanan dengan cara sebagai berikut : 


Seleksi secara diagonal pada bagian atas, lalu tekan ctrl + alt + shift kalau shortcut pada mac cmd + alt + shift maka Anda akan mendapati bagian itu akan terpotong. Setelah terpotong maka Anda harus menyeret layer tersebut kebagian paling atas. 

Lalu transform dengan nilai 180 derajat. 


Maka bagian itu akan menjadi terbalik 180 derajat pada bagian pojok kanan atas. Setelah itu buatlah blending mode lagi dengan option Gradient Overlay, buat optional dengan posisi gelap terang seperti diatas. Lalu yang terakhir Anda bisa menuju kelayer bawah lagi untuk memberikan bevel pada bagian paling bawah. 


Bevel terkahir berfungsi untuk membuat efek menjadi terkesan 3D, sekarang Anda bisa merubah opsi yang menurut Anda bisa menjadikan itu lebih baik lagi. 

Sekarang sudah yakin kan, kalau Photoshop itu mudah ? 

Ayo buat sesuatu yang lebih kreatif lagi, karena kita memang harus bisa selalu menjadi individu yang kreatif untuk menjalani kehidupan kita sehari - hari (gak nyambung yah, biarin deh). 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 




Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.