Iklan :

22 Oktober 2012

Typografi Sederhana Ala Arie Fabian


Typografi, merupakan tatanan layout yang terdiri dari text yang bervariasi. Kita sudah sering melihat pada postingan saya sebelumnya, dimana saya sering memajang hasil typografi buatan orang lain untuk dijadikan refrensi dalam pembuatan layout berjenis typografi ini. Jika jaman terdahulu, kita sering melihat tatanan huruf yang bagus dan kuat untuk dijadikan sebuah layout. Kali ini saya ingin mencoba memberikan sedikit clue tentang bagaimana caranya membuat text didalam text seperti gambar diatas. 

Huruf A diatas terdiri dari beberapa kalimat yang bisa kita buat menggunakan Software Adobe Photoshop kita. Ingin tahu caranya, yuk simak postingan saya dibawah ini.

Pertama - tama mari kita membuat new document dengan ukuran bebas, jika mengikuti saya, ukuran yang saya gunakan adalah 1024 x 768 px. Jika sudah membuat dokumen baru pada software Adobe Photoshop Anda, maka sekarang buatlah huruf A dengan menggunakan Font Arial dan type nya bold. 


Seperti contoh diatas, maka kita sudah membuat huruf A, lalu klik kanan pada bagian layer A disebelah kanan lalu dia akan keluar menu option seperti gambar dibawah ini : 


Lalu klik Create Work Path, jika sudah, hilangkanlah layer huruf A. 


Maka Anda akan mendapatkan gambar seperti diatas, dimana kini tinggal tersisa path pada huruf A nya saja. Itu dikarenakan saya menghilangkan layer A pada sebelah kanan saya. Lalu setelah itu klik Text pada bagian sebelah kiri. Jika sudah dekatkanlah cursor Anda kedalam path huruf A. 


Jika sudah, kini buatlah kalimat yang akan mengisi pada path huruf A seperti contoh diatas. Maka sekarang Anda bisa melihat Path huruf A tersebut sudah terisi oleh kalimat - kalimat yang sudah Anda buat. Setelah itu aturlah paragraf sesuai dengan yang Anda suka. 


Nah sekarang Anda sudah melihat contoh diatas. Lalu buatlah warna tulisan tersebut menjadi Putih dan ganti background keseluruhan dengan warna hitam. Lalu aktifkan kembali layer huruf A yang tadi kita hidden. 


Jika sudah terlihat, maka tulisan Anda akan tertiban huruf A, lalu gunakan magic wand tool untuk menseleksi pada bagian tengah huruf A. 


Setelah Anda seleksi buatlah layer baru, lalu tuangkan warna hitam pada bagian yang terseleksi tersebut. 


Maka kita sudah bisa melihat bagaimana seharusnya huruf A tersebut terbuat. Setelah itu Anda bisa lihat hasilnya seperti dibawah ini : 


Bagaimana menurut Anda ? 





Salam Kreatif, 



@rie fabian - 






2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.