Iklan :

27 September 2012

Pentingnya Coorporate Identity di Kalangan Instansi Pemerintah


Koperasi Kodanua, sebuah Koperasi yang berdiri dibawah Dep. Koperasi sudah berdiri kurang lebih 21 tahun yang lalu. Sesuai dengan amanat dari Founding Father Indonesia, Moh. Hatta, mereka menjalankan koperasi ini untuk membantu masyarakat disekitarnya. Memiliki kurang lebih 4000 karyawan membuat saya kagum dengan Koperasi ini. 

Koperasi ini berpusat di Jl. Prof. Dr. Latumenten I no.41, Grogol Petamburan Jakarta Barat. Koperasi ini diminta oleh Kementrian Koperasi untuk mengganti Logo mereka, dari logo Koperasi yang bisa kita lihat pada gambar diatas, menjadi logo yang independent. Dan Logo baru mereka sekarang seperti gambar dibawah ini :

Ini berdampak kepada semua identits perusahaannya pun harus berubah. Dimana kalau kita melihat semua promosi Outdoor harus diganti semua, dan semua urusan Print Ad juga harus berubah semua. Fabian Studio diminta datang untuk Briefing pada tanggal 10 September 2012 untuk membahas perubahan promosi Outdoor mereka. 

Mereka melihat apa yang Fabian Studio kerjakan pada saat Rumah Sakit Jiwa Soeharto Herdjan merubah logonya. Kami mengerjakan Signage dan Wall Sign untuk mereka. Berdasarkan refrensi itu maka Fabian Studio diminta mengasistensi Koperasi ini untuk merubah logo mereka. 

Setelah Saya Meeting dengan Pak Pri, Direktur Utama dari Koperasi Kodanua ini, maka akhirnya kami menemukan kesimpulan dan Fabian Studio pun memberikan beberapa usulan. Usulan Fabian Studio diterima dengan baik dan akhirnya sekarang adalah hari pertama Project itu dimulai. 

Ketika semua sudah deal, dari harga maupun teknis pengerjaan, maka Fabian Studio telah bersiap untuk mengerjakan tahap awal sekarang. Lalu saya mencoba meminta Master File dari logo baru mereka, dan ternyata saya dikejutkan bahwa mereka tidak memiliki Master File dari Logo yang baru saja mereka ganti perbulan September 2012. 

Sedangkan mereka sudah harus mengganti semua Coorporate Identity mereka sebelum bulan Desember 2012. Sungguh luar biasa menurut saya, maka kami harus melakukan Tracing Ulang logo yang baru mereka buat. 

Ternyata memang masih banyak yang belum mengerti permasalahannya. Master File itu jelas sangat dibutuhkan untuk kelangsungan image mereka. Jika memang tidak pernah ada guidline dari logo baru yang dibuat, maka yang akan terjadi ketidak seragaman pembuatan material promosi mereka. Iya kalau memang mereka hanya menggunakan 1 vendor yang sama, sehingga memiliki rasa yang sama pada saat pengerjaannya, jika tidak ? bisa dibayangkan hasilnya, pasti tidak akan sama rasanya. 

Akhirnya saya coba memberi saran untuk meminta file master dari logo tersebut. Jika pembuatan logo itu harus minimal kita diberikan 3 file, dengan type yang berbeda. Itu sebuah guidline minimal standard, agar suatu saat ingin membuat semua perihal yang berhubungan dengan logo baru mereka sudah memberikan file logo barunya, bukannya vendor harus tracing ulang kembali. 

3 file tersebut Paling minimal adalah, JPEG, cdr / fh / ai, Tiff. Itu sangat minimal sekali. Kalau memang yang benar kan kita diberikan colour Id nya, keterangan porposional logo, sama yang Fabian Studio buatkan dokumentasi sehabis pengerjaan pembuatan logo baru untuk PT. Artha Nusa Sembada. 

Tapi buat saya sih ada ataupun tidak pun tidak menjadi masalah yang rumit. Karena memang pada dasarnya kita mengetahui acuan logo tersebut. Selamat mengerjakan untuk Fabian Studionya, sekarang tugas saya hanya mengawal pekerjaan itu sampai selesai. 




Salam Kreatif, 



@rie fabian - 




Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. semangat om, projeknya lancar terus yah mantaps :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih om ....


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.