Iklan :

26 September 2012

Fabian Series


Selamat pagi kawans ...
Semoga dipagi yang cerah ini kita selalu diberikan berkah dan sebuah keberanian untuk menghadapi semua yang akan terjadi dihari ini. Karena saya akhirnya sadar, sebuah keberanian itu merupakan mukjizat yang diberikan hanya kepada orang - orang tertentu saja. Sekarang saya ingin membahas embrio Ide dari sebuah blog yang baru saya luncurkan pertanggal 25 September 2012 kemarin, yaitu Fabian Series. 

Fabian Series ini memang sengaja diputuskan oleh Fabian Studio untuk berdiri sendiri, agar mereka dapat berkembang dengan ideologi mereka sendiri. Pada awalnya memang Fabian Series ini dibuat bukan untuk dicampurkan kedalam Fabian Produksi. Jadi kalau kita melihat sekarang, Fabian Studio itu terdiri dari Fabian Creative yang menangani permasalahan Ide, konsep, design dan sebuah perencanaan. Lalu ada Fabian Produksi yang menangani permasalahan Produksi, mulai dari Print Ad, Instalasi sampai dengan konstruksi dan kini ada Fabian Series.

Fabian Series merupakan satu divisi sendiri dari Fabian Studio yang dipegang oleh anggota paling muda dari Fabian Studio yaitu Bapak Bobi. Dia memang mengarah kepada pembuatan produk sendiri untuk Fabian Studio. Thematic design yang kuat menjadi diferensiasi mereka dalam menciptakan sebuah Produk. 

Fabian Series ini memang dibuat 2 bulan yang lalu melalui beberapa proses panjang sebelumnya. Sedangkan Bapak Bobi ini walau paling muda namun untuk masalah pengalaman dia memang sudah menangani sebuah rumah produksi untuk satu usaha dikawasan Tangerang. 

Awalnya beliau memang dari orang Produksi yang berbincang dengan saya pada saat 4 bulan yang lalu, dan selepas itu saya mencoba menawarkan untuk membuat produk sendiri. Melalui beberapa penggodokan pembuatan program sampai dengan visi dan misinya, maka akhirnya 2 bulan yang lalu Bapak Bobi memulai langkahnya untuk Fabian Series. 

Tempat produksi dari produk Fabian Series di Studio Fabian sendiri, yaitu di daerah Ciledug, Tangerang. Dirumah, dimana itu dijadikan Studio karena memiliki tempat yang kondusif untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang telah diberikan oleh para client Fabian Studio. 

Sampai saat ini varian produk yang dikerjakan oleh Fabian Series masih disekitaran dunia Merchandising. Seperti pembuatan produk Mug, Thumbler, Cup, Mousepad, Puzzle untuk Anak - anak, sampai dengan pembuatan Pin. 


Bedanya adalah dia membuat produk untuk dipasarkan keluar, bukan dikhususkan untuk mengerjakan pesanan orang. Made for Product bukan Made by Order. Walau sesekali mereka mengerjakan beberapa pesanan dari client mereka karena ingin dibuatkan khusus, itu juga bisa dibilang agak jarang. 

Yang dinamakan sebuah Produk sudah barang pasti harus memiliki sebuah kemasan yang baik dan layak jual. Bahkan mereka memiliki kelebihan pada sebuah kemasannya, dimana kemasannya tersebut didesign per satu produk. 

Nama Fabian Series ini diambil dari nama induk, yaitu Fabian Studio. Sedangkan kata seriesnya diambil dari embrio ide mereka. Series ini karena mereka selalu membuat sebuah series untuk produknya. Satu Series selalu memiliki jumlah 6, itu dikarenakan setiap barang mentah yang dibelinya selalu 1 lusin. Jadi jika kita buat 1 series itu adalah 6, maka 1 lusin itu akan menjadi 2 series yang berbeda. 

Segmentasi mereka adalah Anak muda dan para karyawan yang bekerja dikantoran. Yang menginginkan perbedaan untuk setiap barang yang mereka miliki. Katakan saja pada saat itu Seorang Pegawai Negeri Sipil Bea dan Cukai Pusat memesan produk Fabian Series disebabkan produk mereka memang sangat berbeda dari yang lain. 



Katakan Saja pada Mug Series yang mereka buat, karena mereka belum melempar produk mereka kepasaran luas atau produksi masal, maka barang mereka (Buatan Fabian Series) menjadi unik pada saat dimiliki oleh konsumen mereka. Pada saat itu Ibu Susan membeli sebuah Series sebanyak 24 pcs untuk digunakan didalam dapurnya. Jadi dia bilang, ketika ada tamu yang datang kerumahnya, akan disiguhkan minuman dengan Mug Series yang dia buat dari Fabian Series. 

Selebihnya tinggal mereka berikan makna tentang kegunaan  dari masing - masing item yang Fabian Series buat. 

Sebuah keberanian itu memang harus dibuat agar kita bisa menguji sampai dimana keberhasilan sebuah ide yang kita miliki. Dan memang suatu saat nanti kita memang harus berani membuat sebuah produk, dimana produk itu dibuat bukan berdasarkan pesanan. Kedepan memang mereka ingin bekerja sama dengan pewarara laba untuk menitipkan barang produksi buatan mereka. 

Besar memang sebuah harapan untuk menembus cita - cita, namun semua itu bukan sebuah proses mudah. Beberapa halangan dan tantangan pasti datang untuk mencoba menghadang. Tapi jika dilihat dari persiapan Bapak Bobi, sudah seharusnya dia bisa menghadapi aral yang melintang didepannya. 

Ketika seorang anak muda memiliki semangat juang yang tinggi, disanalah saya menaruh harapan akan kesuksesan baginya. Kreatifitas, kemauan dan kemampuan selalu dia torehkan sebagai tanda bagian dari semangatnya dalam menjalankan Fabian Series dari hari ke hari. 

Buat Anda yang belum mampir, silahkan mampir ke Fabian Series diblog barunya. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 







Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. semoga sukses dengan usaha barunya mas.. do'akan saya juga ya hehe.. sebuah inovasi dan kreativitas akan menciptakan sebuah gebrakan baru dibandingkan produk serupa yang seringkali menciptakan persaingan yang ketat :)

    BalasHapus
  2. Makin lancar dengan FAbiannya.. Mantab Djaya

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.