Iklan :

12 Agustus 2012

Membuat Efek Text Photoshop Ala Arie Fabian


Efek pada Adobe Photoshop memang buanyak sekali macamnya. Begitupun dengan cara pengerjaannya. 1001 cara untuk membuat efek yang bagus pada Adobe Photoshop Anda. Saya ingin coba Share tentang teknik saya membuat efek Emboss pada text di Photoshop ala saya. Mau nyoba ? silahkan ikuti langkah - langkah saya. 

Langkah pertama seperti biasa, buka Software Adobe Photoshop Anda, lalu buka file new dan buat ukuran 1024 x 768. Lagi - lagi saya bilang ukuran ini tidak baku, terserah Anda mau membuat seberapa besar pada Software Adobe Photoshop Anda.


Jika sudah Anda buka, lalu Anda buatlah Background berwarna hitam pada artwork baru Anda. Lalu buatlah tulisan dengan font berlabel Impact lalu buatlah text bertuliskan Fabian Studio. Hah ? harus Fabian Studio ? nggak juga, karena Fabian Studio adalah tempat saya bekerja maka saya menulikan nama Studio saya sendiri, kalau Anda punya tulisan lain silahkan saja ditulis. 



Buatlah tulisan berwarna putih, agar terlihat pada Artwork Anda. Lalu setelah itu copy layer Anda menjadi dua layer. 


Lalu klik kanan pada layer Fabian Studio copy yang diatas > Blending Option. 


Setelah sudah terbuka dialog box blending Option, klik color Overlay, gantilah warnanya menjadi warna Abu - Abu tua. 


Setelah sudah Anda ganti tulisannya menjadi warna Abu - Abu tua maka klik kanan kembali pada layer, lalu klik rasterize dan ok. Maka Anda memiliki text yang sudah di rasterize. Text yang sudah dirasterize, adalah text yang bisa dipotong atau di modifikasi sesuai dengan yang kita butuhkan. 

Jika sudah dirasterize maka kita sekarang tinggal memotong text pada bagian bawah, dengan menggunakan retangular marque tool atau klik tombol M pada keyboard Anda. 

Retangular Marque Tool 

Blok Text seperti ini, lalu tekan tombol delete.

Sekarang kita sudah mendapati text dengan dua warna, yaitu Abu - abu tua dan warna putih. Sekarang kita tinggal mengganti warna putihnya dengan warna Abu - Abu muda. Dengan cara yang sama dengan yang pertama, klik kanan pada layer text yang berwarna putih lalu klik blending Option. 

Setelah masuk di Blending Option, Anda bisa memilih Screen Overlay dan gantilah warnanya menjadi Abu - abu muda. 


Nah sekarang text kita sudah dua warna yang gradasi, yaitu Abu - Abu tua dan Abu - Abu Muda. Sekarang kita tinggal membuat outline pada text Fabian Studionya. 

Membuat Outline putihnya kita bisa menggunakan cara, klik kanan pada text yang berada dibawah (berwarna abu - abu muda), lalu klik blending option lalu pilih Stroke. 





Pilihlah Stroke berwarna putih, agar dapat efek seperti silver pada saat diemboss nantinya. Anda aktifkan Strokenya maka Anda akan mendapati gambar seperti ini : 


Lalu apalagi ? 

Itu pertanyaan yang bagus, sekarang Anda tinggal menggabung kedua layer text menjadi satu. Kenapa harus digabung ? karena ini akan memflaternkan efek. Jika efek sudah di flattern maka sudah tidak bisa diubah - ubah atau edit kembali. 

Cara menggabungkan kedua layer dengan cara, klik kedua layer disebelah kanan Anda, lalu klik kanan dan klik merge. 



Maka Alhasil layer Anda akan menjadi seperti ini : 


Setelah menjadi satu layer, maka Anda bisa klik kanan pada layer Fabian Studio copy lalu pilih lagi blending option, lalu pilih bevel and Emboss. 




Lalu editlah pada bagian Dept dan soften sesuai dengan kesukaan Anda. Maka jika sudah klik OK. 

Anda akan mendapati hasil seperti ini : 


Silahkan dicoba, mahir dan tidaknya Anda belajar software Grafis seperti Adobe Photoshop tinggal perkara ketekunan Anda sendiri. Jika Anda tekun dan terus mengoprek Software ini maka Saya menjamin akan mahir seperti seorang Designer. 

Namun harap diingat selalu, perkara menjadi seorang designer bukan hanya pada permasalahan Softwarenya saja, melainkan konsep. Jago software belum tentu bisa dibilang seorang designer, karena setelah Anda mahir software Anda juga harus belajar  taste dan belajar komposisi gambar. 

Semangat dan ikuti blog saya terus yah ... 



Salam kreatif, 


@rie fabian - 


Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.