Iklan :

8 Agustus 2012

Cara Membuat Bingkai di Photoshop


Cara membuat bingkai pada photoshop, kali ini menjadi pembahasan saya dalam membuat tutorial duasar banget Photoshop. Di sesi ini Anda akan menggunakan beberapa tool baru kembali, seperti effect pada layer dan cara menggunakan text pada Adobe Photoshop. 

Pertama - tama seperti biasa, buka software Adobe Photoshop Anda. Lalu buatlah dokumen baru dengan cara file > New, lalu masukkan kepada pilihan Web dan pilih ukuran 800 x 600.

Sekali lagi ini bukan bentuk baku, Anda bisa membuat lebih besar ataupun lebih panjang, hanya saja kali ini saya mencoba membuat layout dengan ukuran seperti itu. 




Jika sudah terbuka kertas putih pada software Adobe Photoshop Anda, maka Anda bisa memulai langkah kedua, yaitu membuat kotak dengan menggunakan Retangular Marque Tool. 


Lalu setelah itu buatlah kotak tepat ditengah - tengah kertas putih Anda, buatlah layer baru dan aktifkan Paint Bucket Tool dan guyurlah tinta kedalam kotak yang sudah kita buat dengan menggunakan Retangular Marquee Tool tadi. 






Dengan begitu kita akan mendapati gambar kotak hitam pada layar putih kita dengan layer yang berbeda dengan Background. Jangan lupa membuat layer baru, jika Anda belum mengerti tentang layer maka Anda bisa melihat postingan saya sebelumnya tentang Analogi sebuah Layer. 

Setelah itu Anda bisa klik pada bagian sebelah atas windows > Style. 


Anda akan melihat pada bagian sebelah kanan sebuah tool yang bertajuk Style pada software Adobe Photoshop Anda. 



Tool style ini sangat mudah digunakan. Dan disetiap tool style ini kita bisa mengkonfigurasi ulang sesuai dengan kebutuhan kita untuk membuat sebuah design. Jika sudah terbuka, silahkan klik dibagian ujung kolom style, Anda akan melihat menu web styles. 



Setelah Anda mengklik menu Web Styles maka Anda akan mendapatkan dialog box seperti diatas, jika Anda mengklik Append maka semua style yang Anda miliki akan ditambah dengan Web Styles, tapi jika Anda klik Ok maka semua styles yang Ada akan terhapus, yang Anda dapatkan hanya satu jenis styles saja, yaitu Web Styles. 

Saya prefer klik Apend. 


Lalu Anda geser kebagian bawah dan Anda akan menemukan sebuah kotak yang ditengahnya kosong berwarna merah, hijau, kuning dan biru. Pilih layer kotak hitam yang kita buat tadi, lalu klik styles salah satu diantaranya. Jika sudah maka Anda akan mendapati kotak hitam yang Anda buat tadi berubah menjadi seperti gambar dibawah : 


Berarti dengan begini saya memilih warna biru, tapi Anda bisa memilih warna lainnya. Jika sudah, Anda klik dua kali pada layer 1 tepat diantara tulisan layer dan fx. 

Lihat panah yang saya buat.
Setelah Anda klik, maka Anda akan mendapati dialog box semua effect yang bisa Anda ganti seperti dibawah ini : 


Setelah selesai Anda membuat hal yang saya tunjukkan, Anda bisa membuat eksperimen apapun dengan semua fungsi yang ada di konfigurasi efek ini. Kali ini pergilah ke bagian Stroke lalu Anda akan melihat konfigurasi sebagai berikut : 



Rubahlah Size dengan 49, dan fill typenya ganti dengan colour. Maka Anda akan melihat kotak hitam Anda berubah menjadi seperti pinggiran bingkai dengan warna yang telah berubah, biru (jika Anda sama memilih warna biru seperti saya). 





Jika Anda ingin mengganti warna biru tersebut klik kotak yang berwarna biru, lalu gantilah dengan warna kesukaan Anda. 


Lalu pergilah kelayer background dan aktifkanlah Paint Bucket Tool lalu guyurkanlah warna hitam kedalam backgound Anda. 


Maka Anda akan mendapati gambar seperti diatas. Anda sudah memiliki bingkai berwarna biru dengan latar belakang warna hitam. Lalu saya akan mengganti warna biru tersebut dengan warna putih atau broken white. Klik dua kali kembali layer 1, lalu Anda pergi kebagian pengaturan stroke dan rubahlah warnanya menjadi warna putih. 


Lalu kita akan membuat pattern pada pinggiran frame tersebut dengan cara, klik dua kali kembali pada bagian layer 1 tadi untuk membuka konfigurasi effect pada bingkai putih ini, dan pilihlah texture dibawah emboss. 


Centang texturenya dan klik pada bagian texture. Lalu pilihlah texture yang Anda sukai. Jika texture Anda tidak banyak seperti yang saya miliki Anda bisa donwload di google texture untuk Adobe Photoshop, atau nanti akan saya sediakan linknya di blog saya (tunggu saja). 




Jika sudah Anda pilih maka Anda bisa klik OK. 


Sekarang Anda sudah mendapati gambar bingkai untuk diletakkan foto. Tinggal masukkan fotonya saja didalam bingkai dan berilah gambar yang lain pada belakang bingkai tersebut, jika yang saya lakukan menggunakan bunga, untuk kreasi Anda silahkan gunakan gambar yang lainnya. 

Sekarang kita tinggal membuat text pada bingkai. klik Tool text pada bagian sebelah kiri Adobe Photoshop Anda. Lalu klik pada bagian bawah bingkai Anda, ketiklah kalimat yang ingin Anda buat pada bagian bawah bingkai. 


Untuk mengganti jenis font yang Anda sukai, lihatlah pada bagian sebelah atas, lalu gantilah jenis font yang ingin Anda gunakan untuk tulisan yang Anda buat. 


Jenis font yang ada pada software Adobe Photoshop Anda tergantung dari jenis font yang ada didalam komputer Anda. Jadi jika Anda ingin menambahkan jenis font pada Adobe Photoshop Anda maka Anda bisa menambahkan font pada komputer Anda. Namun pada saat sudah ditambahkan, maka Anda harus mematikan software Adobe Photoshop Anda dan buka kembali. Karena Software Adobe Photoshop ini membaca font pada bagian Start up software ini pertama kali. 

Setelah Anda ganti jenisnya, Anda bisa menyimpannya kedalam komputer, agar bisa dihadiahi untuk orang yang akan Anda berikan nantinya. 

Nah untuk bagian menyimpan, simpanlah file dengan dua type ekstension. Yang pertama save file dengan menggunakan type .Psd lalu setelah itu save as file dengan type .jpeg. Ini akan memudahkan Anda jika Anda ingin mengedit kembali gambar bingkai Anda ini, maka Anda bisa membuka yang type nya Psd, namun jika Anda ingin mengupload kedalam facebook maka Anda bisa menggunakan type file yang jpeg. 

Nah sekarang waktunya Anda mencoba, kalau udah selesai kasih lihat saya yah kreasinya dengan mengirimkan link blog Anda kedalam komentar blog saya. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 




Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. Wah keren postnya. ^^ Nice :)
    Btw kunjung ke blogku ya
    Bamudar - Tutorial Photoshop dan Coreldraw
    Bamudar

    BalasHapus
  2. Thanks ..

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus
  3. photo cewe nya juga keren :D

    BalasHapus
  4. ha ha ha ha ...
    Silahkan didownload aja foto ceweknya ..

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.