Iklan :

8 Agustus 2012

Beberapa Shortcut penting di Photoshop


Ada hal penting yang memang dianggap remeh pada software - software grafis. Shortcut, kenapa saya bilang penting ?, karena dengan shortcut ini kita dapat bekerja lebih cepat dan lebih leluasa. Salah satu software grafis yang memiliki shortcut yang umum akan menjadi kesulitan sendiri dalam bekerja nantinya. 

Adapun beberapa shortcut yang penting didalam Software pengolah gambar (Adobe Photoshop) sebagai berikut : 

Untuk mencobanya, bukalah software Adobe Photoshop Anda. Lalu buka gambar apa saja yang Anda inginkan, lalu coba praktekkan beberapa tips yang saya berikan.

Shortcut - shortcut andalan saya pada saat saya bekerja pada Software Adobe Photoshop antara lain : 

Tombol Keyboard F, dengan tombol ini kita bisa melihat full Screen gambar, kita bisa melihat dalam 3 pilihan full screen gambar. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan tekan tombol F pada keyboard Anda didalam program Adobe Photoshop Anda. Tekan F dua kali dan tiga kali, maka Anda bisa melihat perbedaannya. 


Ada kalanya tools yang ada di Adobe Photoshop mengganggu, untuk menghilangkan Tools tersebut maka Anda tinggal menekan tombol Tab. Maka Anda akan melihat gambar Anda menjadi lebih fokus, itu dikarenakan semua tools yang ada pada photoshop Anda menjadi hilang atau bersembunyi.  Untuk mengaktifkan tools Anda kembali, tekan Tab kembali. 

Undo, untuk melakukan Undo satu kali Anda bisa menekan tombol ctrl + z, namun untuk yang kedua kali dan ketiga kali Anda harus menekan ctrl + altt + z, untuk pengguna Mac Anda bisa mengganti tombol ctrl dengan command. 

Zoom out  
Zoom in

Shortcut untuk Zoom in dan Zoom Out. Ini merupakan shortcut yang sering sekali saya gunakan dalam saya bekerja. Yaitu Shortcut Zoom in dan Zoom Out, tombol yang Anda harus tekan untuk Zoom Out adalah ctrl + (+)  (Control dan plus), sedangkan untuk Zoom in adalah ctrl + -  (Control dan minus). 

Zoom in dan Zoom Out ini berguna untuk melihat detil gambar pixel per pixel. Saya sering ingin melihat pada bagian detil disebuah sudut gambar. Jika kita sering menggunakan Skala untuk gambar maka Anda memang harus memastikan kekuatan pixel pada saat Anda membuat sebuah Artwork. 


Shortcut untuk Sliding image, dimana shortcut ini berguna jika Anda ingin mensliding gambar yang Anda buat. Untuk mencobanya Anda bisa zoom Out gambar lalu tekan tombol Spasi pada keyboard Anda, dan lalu gerakkan mouse Anda kekanan dan kekiri. Anda bisa menggeser gambar kekanan dan kekiri untuk kebutuhan look Anda. 

Ini pun hampir sama dengan kebutuhan Zoom in dan Zoom Out. Dimana jika kita menggunakan Shortcut Zoom in dan Zoom Out maka untuk menggesernya menggunakan shortcut Spasi ini. 


Shortcut yang terakhir adalah  memperbesar kecilkan mata brush dan Erase tool. Ini berguna pada saat Anda ingin memperbesar kecilkan mata pada saat Anda menggunakan Eraser atau Brush. 

Untuk mencobanya, Anda tekan tool Erase disebelah kiri Anda lalu Anda tekan tombol { dan } pada keyboard Anda, maka Anda akan melihat ada lingkaran yang membesar dan mengecil pada Photoshop Anda. Itulah Mata brush yang Anda akan gunakan untuk bekerja pada software Adobe Photoshop Anda. 

Itulah beberapa Shortcut yang sering saya gunakan, jadi ingat 11 tahun yang lalu pada saat saya belajar pertama kali software Photoshop ini. Pada saat itu shortcut inilah yang diajarkan terlebih dahulu oleh pembimbing visual saya. 

Selamat mencoba, semoga bisa menambah niat Anda untuk menggunakan software pengolah gambar, Adobe Photoshop ini. 

Intinya sering dicoba dan sering bereksperimen dengan Software Adobe Photoshop ini, karena semakin sering Anda gunakan maka Anda semakin tahu dan semakin ingin tahu. Ketika Anda mencoba - coba beberapa efek yang ada di software Adobe Photoshop ini, maka Anda akan semakin mahir dalam menggunakan software Adobe Photoshop ini. 

Tapi kembali lagi, Software gambar apapun hanya bersifat pendukung, jauh dari itu semua, konsep Andalah yang paling penting. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 





Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.