Iklan :

18 Juli 2012

Promosi Sederhana Ala Ayam Lepas


Merah dan Biru menjadi sebuah warna kebanggaan dari warung makan yang kita kenal namanya sekitar beberapa tahun yang lalu. Dimana saya bisa memerhatikan beberapa hal yang memang difikirkan dengan baik oleh pemilik warung makanan ini. 


Tentunya bukan satu kebetulan semata, ini memang sudah direncanakan. Dimana beberapa ornament dari warung makan ini memang berwarna merah dan biru. 

Jika kita melihat pada makna sebuah warna, yang mana merah selalu dikaitkan dengan warna yang sering menarik perhatian, peringatan dan keberanian. Sedangkan birunya sendiri disini menggunakan warna biru yang agak sedikit tua. Untuk Warna biru sendiri biasanya orang sering kali mengartikan dengan warna keberuntungan, dinamis dan luas. 


Mereka memang menggunakan Promosi yang sederhana namun tetap saja ada satu kesatuan, dimana jika kita melihat antar satu warung makan yang berjuluk Ayam Lepas ini, Anda pasti menemukan warna yang sama, layout ruangan yang kurang lebih sama, dan juga tatanan ornament yang sama. 

Disana terdapat kursi berwarna merah, meja yang diberikan strip warna merah dan juga dihiasi dengan spanduk yang sama antara satu dengan yang lainnya. Membuat kesan kepada kita jika makan dicabang Rawamangun dengan yang ada di Bintaro kita akan mendapati rasa (Ambient) yang sama. 

Dengan begitu kita tidak mengalami kecurigaan yang menimbulkan pertanyaan "ini sama gak yah dengan yang disana ?". 


Lihat sampai menunya pun mereka tetap konsisten menggunakan warna yang sama (Merah dan Biru). Secara konseptual warung makan ini mengupgrade warung Pecel lele di pinggir jalan. Menu yang disajikannya pun tidak jauh berbeda. Ayam, lele, Tahu, Tempe, Cah Toge, Cah Kangkung, dll. 

Namun setelah dibuat ulang kemasannya, terkesan ini menjadi makanan yang tidak berada dipinggir jalan. Place yang mereka gunakan juga tidak sembarangan, seperti : Rawamangun, Pamulang, Bintaro, Bekasi, dll. Saya yakin sudah banyak gerai / warung yang mereka buat. 

Kata Lepas sendiri mereka ambil dari sebuah singkatan, yaitu : "LEzat PEdaS. Saya kagum dengan cara mereka membuat diferensiasinya. Mulai dari warna, tempat, menu sampai dengan seragam karyawan. 

Seorang karyawan rumah makan menggunakan seragam itu sama dengan sebuah makanan yang diberikan bawang goreng. Jika gak ada bawang goreng itu maka makanan itu akan terasa kurang lengkap. Walaupun jika bawang goreng tersebut tidak ada sebenarnya tidak menjadi masalah. 

Mereka juga menggunakan seragam berwarna Merah dan Biru, sungguh luar biasa. Mereka memang sedang melakukan Branding untuk Warung - warung mereka. 


Program Billing Ayam Lepas. 

Walaupun makanan sederhana, jika kemasannya bagus lihat dong pengunjungnya diwarung Ayam Lepas Bintaro ini, mengesankan bukan ?

Kreatifitas itu merupakan suatu tanda keseriusan kita dalam membuat suatu usaha, karena hanya dengan kreatifitas kita bisa membuat satu diferensiasi produk sehingga produk kita menjadi sesuatu yang menarik. 




Salam Kreatif, 



@rie fabian - 



Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. jarang ya pemilik warung sangat detil memperhatikan brand dan theme untuk menggaet konsumennya

    hal ini sebenarnya tidak terlalu baru di industri yang lebih mapan, seperti operator seluler yang semua atributnya menggunakan theme warna tertentu :)

    salam

    BalasHapus
  2. Benar sekali mas ...

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.