Iklan :

14 Juni 2012

Merapihkan Management


Salah satu kesulitan dalam membangun usaha adalah management, dimana sebuah management yang pas akan menghasilkan jalan keluar yang benar dalam sebuah usaha. Hari ini Fabian Studio menghadirkan satu sahabat dekat yang sekarang memang sudah bekerja pada bidang Finance management. Dimana dia mulai memberikan ceramahnya satu persatu mengenai management keuangan pada sebuah usaha. 

Fabian masih sangat rentan akan permasalahan management, kadang tidak dapat tercatat secara detil. Dan kita pelan-pelan menata ulang kembali mulai dari bussines Plan sampai dengan Management keuangannya. Seru rasanya memang, diajarkan oleh orang Bank, dahsyat.

Kami berdiskusi mulai dari jam 1 siang sampai jam 17.30 dengan satu kali istirahat. Ini model seminar di Hotel - hotel kayaknya. Tapi memang akhirnya Saya dan Fabian sendiri mendapatkan banyak pelajaran dalam hal menyusun semuanya. 

Hal yang paling terpenting adalah, sebuah Analisa baru bisa terwujud karena adanya data, maka bagaimana mungkin kalau data itu tidak tersimpan dengan rapih kita bisa menganalisa ? 

Ini sangat berkesan sekali, pembicaraan ini memang saya simpan pada ingatan saya. Jika mana orang kreatif yang bekerja maka akan terjadi kemalasan dalam hal pencatatan padahal itu sangat penting. Untuk mempelajari growth (pertumbuhan) dari usahanya sendiri. Bagaimana mungkin bisa melihat pertumbuhan jika memang data tidak dicatat secara detil. 

Kami juga mempelajari pertumbuhan usaha mulai dari Fabian awal tahun yang lalu sampai dengan Fabian sekarang. Ternyata perkembangannya tidak turun dan tidak naik, stabil. Tapi ini bahaya, karena kalau terus begini akan mencapai puncak jenuh, kata sahabat tersebut. 

Yang harus dikejar adalah target yang melebihi sekarang, itu harus achivement, great idea. Kami memang belum sempat evaluasi selama beberapa bulan ini, itu dikarenakan penuhnya kerjaan yang memang tidak menyempatkan kami untuk melakukan evaluasi tersebut. 

Satu Quartal memang sudah lewat tidak terevaluasi, seharusnya Q1 satu kemarin sudah dievaluasi. Jadi sekali evaluasi jadi kayak gini deh (berkepanjangan). 

Terima kasih untuk Bapak Yogi yang sudah menyempatkan waktunya untuk berdiskusi dengan kami, semoga setelah ini ada perubahan yang significant dari pengembangan Fabian Studio sendiri. Walaupun ini dimiliki oleh orang kreatif, namun masalah management harus memang selalu difikirkan. 

Semoga makan siangnya cukup dan semuanya diberi kemudahan, karena berdiskusi itu membuat kita menjadi tambah ilmu bukan berkurang ilmu. 


Salam kreatif, 


@rie fabian 



Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.