Iklan :

17 Mei 2012

Niche Market


Saya ingin membahas Sebuah topik tentang niche Market pada postingan saya kali ini. Dimana Niche Market yang saya bahas adalah yang saya lihat dari pandangan saya sendiri. Apa itu Niche Market ?  Niche market adalah suatu niche yang mempunyai target pasar sendiri, jadi Niche digunakan dimanfaatkan untuk menarik minat pembeli, pengerucutan tema, tema yang unik, dan konsentrasi yang sangat detil. 

Dengan menggunakan pendekatan melalui niche market ini maka kita bisa lebih mudah dalam menentukan sasaran pasar untuk para konsumen kita sendiri.

Kita sekarang melihat sebuah supermarket yang hanya menjual bahan bangunan saja, supermarket yang hanya menjual kebutuhan bayi saja, dan lain sebagainya. Dengan demikian kita bisa dengan mudah menentukan sasaran calon konsumen kita sendiri. 

Saya ingat benar, betapa besarnya sebuah carefour baik jaringannya maupun supermarketnya sendiri, tapi seperti tidak ada takutnya alfa tetap berdiri. Dan dia membuat gerai yang tidak sebesar carefour tapi lebih banyak. Bahkan 1 carefour dikelilingi oleh puluhan Alfa disekitarnya. 

Kalau kita fikir-fikir, Alfa bisa membuat gerai sebesar carefour bila ingin digabungkan, tapi dia tidak melakukan itu. Yang dia lakukan adalah membuat gerai yang lebih banyak dari cafrefour dan menghindari head to head dengan carefour. 

Dia mengerucutkan barang jualannya tidak sebanyak carefour dan dia pilih lokasi-lokasi dimana sasaran pasarnya berada. Dia tau orang bila ingin membeli sabun mandi aja akan malas berkunjung ke carefour karena di Alfa saja ada. Seperti itulah kurang lebih Niche Market. 

Sudah hukum alam jika besar maka dikalahkan oleh yang gesit. Untuk sesuatu yang berukuran besar maka dia akan sulit bergerak, untuk yang kecil sudah ditakdirkan lebih cepat atau gesit. Jadi beginilah kurang lebih filosofi si Alfa itu sendiri. 

Bagaimana menurut Anda ? 

Jadi teguhkan iman untuk suatu keinginan, ingin yang besar tapi satu atau yang kecil tapi banyak. Semuanya memang terkesan menggiurkan dan memiliki strategi pengembangannya masing-masing. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian 



6 comments:

  1. sip joss, boleh ni buat referensi skripsi gw.. bagus banget analisisnya. thenk yee

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah itu berarti isi blog saya bermanfaat.


    Salam Kreatif,


    @rie fabian
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus
  3. Every weekend i used to go to see this web site, because i wish for
    enjoyment, since this this website conations in fact good funny data
    too.
    Feel free to surf my website coupons

    BalasHapus
  4. Thanks to Anonim, Enjoy in my blog ...

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus
  5. Нoωdy, I ԁo think уοuг web site
    mау be hаѵing web bгowsеr сοmpаtіbility iѕsues.

    When I take а looκ аt your ωebsite in Safari, it
    lοoκs fine however ωhen οpening іn
    I.E., it hаs ѕοmе оѵerlаpping
    issuеs. I sіmply wаntеd to give you a quick headѕ
    up! Αside from that, gгeat ωebsite!
    Have a look at my homepage - niche markets

    BalasHapus
  6. Anonim >> Thanks ...


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.