Iklan :

16 Mei 2012

First Knight dan King Arthur


Saya baru nonton kembali film ini yang kebetulan ditayangkan di HBO. Setelah nonton yang kesekian kali, saya jadi penasaran tentang film ini. Dimana film ini dibuat pasti berdasarkan sejarah. Dan akhirnya saya mencoba mencari tahu kebenaran dari sejarah dari Film ini. 

Hasilnya adalah, jika kita kembalikan kepada sejarah King Arthur yang terjadi di Britania, maka saya mendapatkan banyak cerita dengan beragam versi. Namun dugaan saya ternyata benar, film ini dibuat memang berdasarkan dari salah satu tulisan dari orang Britania sendiri.

Memang beragam kisah yang menceritakan tentang King Arthur ini, namun ada beberapa tulisan yang mengacu kepada kisah King Arthur memang satu Frame dengan Sir Lancelot. Pemimpin Legendaris dari Britania dimulai pada abad enam. 

Dimana king Arthur ini menjadi raja disebuah kerajaan yang bernama Camelot. Dia meminang putri Guinevere yang berasal dari Leonasse. Saya takjub melihat meja bundar ksatria yang melambangkan tidak ada kedudukan yang lebih tinggi pada saat semua ksatria berada dimeja bundar itu. 

Dan pada akhirnya Sir Lancelot pun diangkat menjadi seorang Ksatria oleh King Arthur sendiri. Sumpah yang diucapkan adalah "Bersaudara sehidup semati" . Sebuah kalimat yang sangat menggetarkan saya, walaupun saya sudah nonton berulang kali. 


Sir Lancelot juga menyukai dari Putri Guenevere itu sendiri. Akhirnya King Arthur pun dilema akan keputusannya, antara mempertahankan Ksatria kesayangannya atau Istrinya sendiri. Walaupun akhirnya Sir Lancelot berbakti kepada Camelot karena melawan semua musuh-musuhnya, namun disini kita lihat sebuah konflik asmara yang dibangun pada abad ke 6 ini. 

Entah ini sebagai dramatisir dari sebuah film atau memang kenyataannya demikian, akan tetapi kita sudah bisa melihat permasalahan kekuasaan selalu diawali oleh itu, harta, tahta dan wanita. Dan kita sebagai manusia berkali-kali terjebak di lubang yang sama. 

Banyak hal yang dapat dipelajari dari film sejarah kerajaan Britania (Inggris) ini. Kebijaksanaan King Arthur menjadikan awal mula dari keputusan kerajaan Inggris sampai saat ini. Nama Arthur sendiri jika kita melihat sejarahnya diambil dari bahasa Celtics yang mempunyai arti berjuang. 


Dan jika kita lihat kedalam sejarahnya, Sir Lancelot memang selalu digambarkan dengan ketampanan, pandai menggunakan pedang dan pemberani. 

Beberapa sumber yang berbicara tentang King Arthur sendiri adalah, Cambriae Annales, Brittonum Historia dan tulisan-tulisan Gildas. Pada film Fisrt Knight ini banyak mengambil inti cerita dari kisah History of King Britania yang dibuat oleh Goefrey dari Monmouth tahun 1135 Masehi. 

Jadi dibuatnya film ini seperti kita melihat sejarah Bung Karno dalam versi Inggris, dimana cikal bakal kerajaan Inggris bisa kita lihat disini. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian 





Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. wach jadi pengen ntn nich....kira2 dimana yach bisa dpetin cd nya?

    BalasHapus
  2. Ada Cd bajakannya gak? #Ehh

    BalasHapus
  3. saya sudah pernah nonton ini

    film nya bagus

    BalasHapus
  4. urang Kampung >> Ada kok ditoko sebelah.


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.