Iklan :

11 Januari 2012

Unlimited



Berbicara unlimited, ada yang menarik untuk saya bahas pada postingan saya kali ini. Dimana saya menjadi rancu dengan kalimat "unlimited" yang dijanjikan oleh produsen modem ini. 

Saya mendapatkan bonus selama 1 bulan dari pembelian sebuah modem salah satu merk yang beredar. Namun baru tiga hari saya pakai ternyata sudah habis quota nya.

Lalu saya berbicara dengan costumer service mereka, lalu mereka menjawab bahwa paket yang gratisan tertulis pada packaging product itu mempunyai keterangan 500 mb / satu bulan. Jadi quota itu dihitung berdasarkan perkali kita membuka website, Jadi jika kita membuka website berbasis foto pasti bisa kita hitung berapa kb satu halaman yang kita buka. 

Yang saya bingungkan adalah, bagaimana caranya mereka menghitung gratis 30 hari atau satu bulan pemakaian dengan aturan yang seperti ini ? memang pada jaman sekarang, masih ada website berbasis text, yang notabene nya itu bisa menghemat biaya pemakaian selama satu bulan. 

Lalu kita bicara tentang paketnya kembali, tentang paket unlimitednya. Saya sudah terbiasa mendengar tentang sebuah penyedia jasa dari internet pada pc desktop tentang unlimited, dimana bicara unlimited yang mereka tawarkan adalah gratis selama 1 bulan tanpa ada tedeng aling-aling. 

Kali ini beda,  unlimited dengan quota 4 Gb. Nah lo ... ? Saya jadi semakin bingung dibuat oleh produk ini. Anggap saja saya orang desa yang tidak mengerti tentang quota, dimana kita membeli satu paket unlimited. Lalu mereka buka facebook satu harian dengan notabene melihat foto kawan-kawannya satu persatu, lalu berapa lama ini akan berakhir dengan judul unlimited ? 

Internetnya tidak akan berakhir selama satu bulan, tapi kecepatannya mas yang turun (drastis). "buka facebook bisa sambil nyeduh kopi", kata kawan saya. 

Jadi entah saya yang kurang update apa memang bahasa nya yang membingungkan saya. Tapi yang jelas saya jujur saya baru tahu kali ini berdasarkan apa yang saya coba. Maka saya posting demikian agar  orang lain yang memiliki persepsi yang sama dengan saya bisa jelas dalam memahami bahasa ini. 

Tapi kita lagi-lagi kita harus positif dalam menghadapi multi arti bahasa ini, dimana kita bisa melihat mudahnya internet untuk kita gunakan dimanapun dan kapanpun kita berada. Positifnya Indonesia sebentar lagi akan menjadi pintar-pintar karena mudahnya dalam membuka jendela dunia lewat genggaman tangannya, baik itu handphone, notebook, laptop, dll. 

Mari kita sikapi dengan dewasa dan bijak, dimana kita bisa melihat satu sisi positif semua kondisi. Mari buat Indonesia menjadi lebih kreatif, kritis dan bijak dalam menanggapi satu persoalan. 


Salam kreatif, 


@rie fabian 

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.