Iklan :

10 Januari 2012

Heritage Design Indonesia


Anda kenal dengan Design ini ? 

Saya rasa hampir semua orang akan mengenal sebuah design logo dari Mustika Ratu ini. Ini yang saya namakan dengan Heritage Design Indonesia, dimana design tersebut diwariskan secara turun temurun oleh perusahaan tersebut. Ada banyak ternyata design yang terus diwariskan secara turun temurun, sehingga dari jaman nenek kita sampai sekarang bentuk dan wujudnya masih sama seperti itu. 

Mari kita lihat design-design tersebut dibawah ini.




"Jokopings" tentunya bukan kalimat yang asing lagi bukan ?  Jika kita menunjukkan packaging ini kepada kakek atau nenek kita, maka mereka pasti akan cepat menjawab itu merupakan kemasan dari korek api. 


Wingko babat juga salah satu sebuah design heritage yang terus diturunkan. 

Lalu apa keuntungan dari design heritage ini ? 

Sebuah design yang dikenal eksistensinya akan menimbulkan rasa percaya kepada konsumen dalam membelinya. Dan jika kita lihat pada kenyataannya brand atau design ini tidak mengalami penurunan jaman, dimana kita sering mendengar sebuah logo yang sudah usang lalu langsung diganti dengan sebuah logo baru dengan semangat lama. 

Semakin lama sebuah design atau brand dikenal dengan publik, maka akan menghasilkan sebuah kepercayaan yang semakin dalam. Ini sudah kita buktikan bila kita sudah sangat lama menggunakan sebuah produk, ketika diganti design maupun Brandnya, maka akan ada keraguan dihati, apakah sama produk ini dengan produk yang sudah puluhan tahun kita gunakan. 

http://kelompokvintage.blogspot.com/search/label/10%20Kemasan

Ada lagi brand kecap cap Bango ini. Ini juga merupakan design warisan yang tidak pernah diganti sampai saat ini. Belakangan brand ini timbul tenggelam dan itu saya yakini bukan dikarenakan brandnya, melainkan memang beberapa pesaingnya mulai banyak. Maka yang diperlukan hanyalah mengganti strategi penjualannya saja, terbukti sampai saat ini brand maupun design masih tetap tidak berubah. 

http://kelompokvintage.blogspot.com/search/label/10%20Kemasan


Ini merupakan salah satu merk yang lumayan terkenal, dimana kita selalu tahu kalau bungkus kemasan dari brem adalah warna ini. Jika kita datang jauh dari luar kota ini, maka yang kita cari adalah warna dari bungkus kemasan sebuah produk untuk brem ini. Ciri Khasnya sangat kental. 

http://kelompokvintage.blogspot.com/search/label/10%20Kemasan


Lagi-lagi rokok menjadi nominasi dalam tulisan saya, ini hanya kebetulan saja, bukan berarti saya ingin mengedukasi anda untuk merokok, melainkan hanya membahas design yang turun temurun kita temukan tidak berubah. 

Dalam kemasan rokok sangat banyak tentunya yang menggunakan design tetap selama berpuluh-puluh tahun. Mungkin suatu saat nanti sebuah brand memiliki umur yang lebih tua dari konsumennya. Hampir kebanyakan semua packaging rokok ini tidak berubah dari pertama hingga sekarang.

http://kelompokvintage.blogspot.com/search/label/10%20Kemasan

Nah anda tahu dengan Pil ini ?? 

Mungkin memang ada yang tidak kenal, berhubung ini obat yang sangat lama sekali dan sekarang sudah banyak jenisnya. Namun menurut saya ini pun mempunyai daya tahan yang cukup lama untuk designnya. 

Mengganti logo dapat membuat baik sebuah perusahaan ? 

Jawabannya sangat banyak sekali. Tapi jika ingin di kembalikan lagi, logo bukan merupakan satu-satunya hal yang membuat sebuah perusahaan maju. Design yang bagus saja belum tentu membuat satu produk menjadi bagus pula secara simultan. 

Namun Design yang baik mampu memanggil atau menarik orang untuk membeli, setelah mereka beli, untuk yang kedua kali dan ketiga kali, lagi-lagi itu tergantung dari satu produk itu sendiri. 

Heritage sangat mahal harganya, karena dianggap menjadi bersejarah dan mempunyai nilai yang tinggi. Jadi gak usah malu dengan design yang sudah lama, jika anda bisa mengkomunikasikan dan mencombine dengan gaya sekarang maka design anda tidak terlalu terlihat  vintage hasilnya. 

Jadi fikirkan terlebih dahulu untuk usaha anda mengganti logo, jika mana memang dianggap perlu maka rubahlah dengan semangat yang sama seperti anda mempunyai pandangan baru tentang perusahaan anda. Tidak ada gunanya jika itu anda anggap bisa menjadi penolong untuk usaha anda jika anda tidak mengevaluasi secara keseluruhan dari usaha anda. 


Salam Kreatif, 



@rie fabian 

2 comments:

  1. Keren om Arie.. Sampai mengamati..:)
    * Baru tahu Kecap Bangau dulunya Kecap Meja Manis :P

    BalasHapus
  2. Sama-sama mbak ..
    Yuk buat yang kreatif untuk bangsa ..


    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.