Iklan :

31 Januari 2012

Asal Muasal Lomography


Jenis kamera lomo Collorsplash
(http://ikhwansolo.wordpress.com/2011/05/26/jenis-kamera-lomo-2/)

Apa yang terlintas dibenak anda ketika saya bicarakan masalah Lomo ?
(hah !!!, kamera plastik ??). 

Ada benernya juga anda memikirkan kamera plastik. Memang kamera Lomo ini terbuat dari Plastik semua, Jadi apa uniknya memoto menggunakan kamera plastik ? 

Penasaran ?? 
ikuti tulisan saya .. 

Lomo itu berasal dari sebuah brand kamera militer Rusia di era 80-an. Nama pada saat itu adalah LCA  (Lomo Compact Automat). Pada tahun 1990-an ada dua mahasiswa Austria yang mencoba mengangkat kembali fenomena kamera ini dan akhirnya membentuk LOMOGRAPHY.

Jadi sebenarnya yang menemukan orang Rusia atau orang Austria yah ? 
Itu terserah persepektif anda memandang. 

Pada tahun 2001, kamera Lomo masuk ke Indonesia dan akhirnya pada tanggal 5 Agustus 2001 berdirilah komunitas Lomo di Indonesia dengan nama "Lomonesia" yang mempunyai arti Lomo dan Indonesia. Buat anda yang tertarik dengan sekitaran dunia lomo ini anda bisa mendaftarkan diri di milis :  lomonesia@yahoogroups.com

Komunitas Lomonesia ini sudah diakui oleh lomography pusat di Vienna. Pada awalnya komunitas ini sangat kesulitan mengembangkan dunia lomography di Indonesia. Itu disebabkan mereka sangat sulit mendapatkan kamera Lomo di Indonesia itu sendiri. Namun lama kelamaan mereka saling membantu dengan cara menitipkan pembelian kamera lomo kepada kawan-kawan mereka yang sedang berada di luar negeri. 

Saat ini ada 13 Jenis kamera lomo yang beredar di Indonesia, antara lain : 

1. Holga 
2. Fisheye 
3. Action Sampler
4. Super Sampler 
5. Oktomat 
6. Horizon 
7. Pop 9 
8. Frogeye 
9. Smena 8 
10. Collorsplash 
11. Lubitel 
12. Diana
13. LCA

Jenis kamera Lomo Holga
 (http://dearliberty.blogspot.com/2011/04/viennas-first-post.html)

Jenis kamera Oktomat
(http://ikhwansolo.wordpress.com/2011/05/26/jenis-kamera-lomo-2/)


Jenis Kamera Lomo LCA
(http://microsites.lomography.com/lca+/)

Jika kita lihat sepintas mirip dengan kamera mainan yah ? tapi jangan salah loh, walaupun kamera lomo mempunyai body yang terbuat dari plastik, tapi harga dari kamera lomo ini tidak main-main. 

Untuk mendapatkan kamera lomo berjenis LCA ini, dibutuhkan uang sebesar US$ 305.25 (http://asia.shop.lomography.com/lomo-lc-a-rl-new-package). Maka terbayang bukan, ini memang bukan sebuah hobi yang tergolong murah. 

Kamera lomo ini masih menggunakan film seluloid, kamera-kamera lomografi mampu menghasilkan foto dengan karakter yang berbeda-beda. Hasil kamera lomografi memang tidak sesempurna hasil foto dengan menggunakan kamera digital atau dslr, namun karena keunikannya inilah dijadikan satu keunikan tersendiri dari penggemarnya. 

http://www.lomography.com/photos/15235556


http://www.lomography.com/photos/15235557

Untuk melihat hasil lainnya Anda bisa melihat pada halaman website di http://www.lomography.com
Dimana kita melihat sebuah hasil yang memang mempunyai keunikan sendiri, baik dari tatanan warna yang dikeluarkan sampai dengan efek gambar yang dihasilkan. 

Satu kreatifitas memang seakan tidak pernah berhenti dalam mengusung hal-hal yang unik, baru dan berkembang. Jika Anda memang benar-benar mencintai dunia kreatif, teruslah mencari tahu apa yang kita tidak ketahui, teruslah membaca apa yang kita tidak suka, dengan begitu kita akan mendapat banyak informasi dari manapun. 


Refrensi : 
http://www.lomography.com
http://retrokembali.blogspot.com
http://ikhwansolo.wordpress.com/2011/05/26/jenis-kamera-lomo-2/


Salam Kreatif, 


@rie fabian 





Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.