Iklan :

18 November 2011

Warna mempengaruhi alam bawah sadar kita

Google Image 
Pernahkah kita sadar, jika kita berjalan pada satu jalan yang panjang ada sebuah rambu berwarna kuning spontan mata kita tertuju kepadanya. Begitu kita lihat ternyata itu bukan rambu lalu lintas melainkan sebuah iklan sebuah product. Itu pertanda warna kuning memaksa kita untuk menoleh kearah dia, apakah ini yang bekerja alam bawah sadar kita ?, jawaban iya. 
Contoh yang kedua, jika kita melihat sebuah billboard dipinggir jalan sebesar apapun itu jika ada warna yang mempengaruhi kita maka mata kita pasti ingin menggapai keseluruhan dari gambar billboard tersebut. Sadar ?

Jadi itulah cara kerja warna mempengaruhi alam bawah sadar kita. Begitupun dengan beberapa material warna dari design yang kita buat. Pada blog saya ini terdapat banyak postingan yang membahas tentang keajaiban warna, bisa anda simak pada postingan sebelumnya. 

Jadi memang sedemikian rupa warna mempengaruhi alam bawah sadar kita dalam proses kita memandang. Jika anda masih memungkiri itu maka anda sama saja tidak peduli dengan apa yang terjadi disekitar kita. 

Maka dari itu gunakanlah warna yang memang sesuai dengan tujuan anda dalam menggapai tujuan dari pembuatan visual yang anda kerjakan. Jangan paksakan keinginan anda jika anda mengingingkan satu awarnes yang tinggi pada gambar anda. Fikirkan secara umum warna yang akan anda buat untuk mencapai sasaran dari pembaca pesan anda. 

Gambar yang anda buat itu sama dengan pesan yang ingin anda sampaikan. Jadi pergunakanlah strategi visual dalam menggunakan warna. Untuk mengetahui warna dari sudut pandang beberapa orang yang sudah berpengalaman dibidang pembuatan visual, anda bisa membaca artikel-artikel saya sebelumnya. 

Agar mudah mencari artikel yang anda inginkan pada blog saya, ketik saja kata kunci pada bagian kiri, sebagai contoh anda mengetik "warna" maka nanti akan keluar semua yang berhubungan dengan warna pada postingan saya sebelumnya.



Salam Kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. Klo ada yg melintas pake baju merah, mataku juga reflek ngelirik :p

    BalasHapus
  2. Nah itu dia, bagaimana warna dapat mempengaruhi alam bawah sadar kita, sudah terbukti kan. Yang dilihatkan warnanya bukan orangnya, iya bukan


    Salam Kreatif,

    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.