Iklan :

18 November 2011

15 hari sudah Berjalan


Tak terasa waktu sudah 15 hari saya mengerjakan Rumah sakit di bilangan Grogol ini. Awalnya memang berat, tapi kalau dijalani yah Alhamdulillah sudah dipertengahan jalan. 









Walau perjalanan tak mulus-mulus aja namun semua bila dijalani akan menjadi hal yang bisa tertanggulangi. Beda hal dengan kita membayangkan diawal cerita. Karena saya menakutkan beberapa hal pada kerjaan ini. 

Pada kerjaan sipil ini memang banyak lika-likunya, itu yang pertama kali saya bayangkan. Dimana kemungkinan akan banyak terjadi, salah hitungan akan fatal, salah perencanaan akan fatal dan salah pembuatan akan menjadi berantakan. 

Namun semuanya apabila sudah ada konsep yang kuat, seharusnya memang tidak ada perubahan-perubahan yang berarti. Adapun itu karena kondisi dilapangan yang kadang bergeser sedikit dengan gambar 3D yang diajukan pertama kali. 

Pada pekerjaan ini saya menemukan beberapa pelajaran akhirnya. Dimana titik detil lokasi pada saat pembuatan gambar 3 dimensi memang harus diperhatikan secara detilnya. Itu akan mempengaruhi perencanaan biaya akhirnya. 

Pada saat survei lapangan memang dipastikan pada ukuran yang berada dilapangan. Jadi benar-benar terukur, jika pada pagar mempunyai panjang 6 meter dan ketinggian 1.5 meter maka itu memang harus diukur dan tidak bisa dikira-kira. Karena pada saat membuat gambar 3 Dimensi akan berpengaruh pada banyaknya material yang akan dikerjakan. 

Untuk sementara ini bagian yang paling krusial yang terjadi selama 15 hari kerja ini. Adapun miss yang kecil itu merupakan hal yang biasa. Dimana teori itu akan bergeser sedikit pada saat prakteknya. Yang paling penting hadapilah sebagai tanda kedewasaan dan kodrat kita sebagai manusia. 



Salam Kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.