Iklan :

8 November 2011

Membuat Majalah


Majalah merupakan media publikasi kedua yang sangat digemari oleh beberapa golongan.  Sekarang kita bisa melihat beragam jenis majalah ada disekitar kita. Mulai dari majalah memasak, Teknologi, Enterteinment, Geografi, Otomotive, dsb. 

Dalam mendalami sebuah majalah biasanya minimum mempunyai 4 divisi turunan yang inti. Yang pertama, sebuah majalah harus mempunyai Reporter, Redaksi, Design, Humas. 

Karena kita ada dilingkup visual maka yang akan saya bahas hanya ada disekitaran Design. Dalam membuat majalah ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan :

1. Menentukan Jumlah Halaman 

Mengapa menentukan jumlah menjadi hal yang penting dalam membuat majalah ? Yap, karena halaman akan mempengaruhi dari isi berita, banyaknya gambar, Iklan dan angka untuk produksinya nanti. Usahakan sebuah halaman untuk majalah adalah habis dibagi 4. Karena jika sebuah majalah jumlah halamannya ganjil akan ada kosong 1 halaman pada saat produksi nantinya. 

2. Ukuran Font 

Bagian isi dari majalah akan sangat ideal menggunakan size font 9-10 pt untuk isi dari majalah, sedangkan untuk Headline bebas sesuai dengan tema dan artikel yang dikehendaki. Dan jenis font untuk isi sangat disarankan tidak menggunakan font-font yang aneh, lebih baik menggunakan seperti, arial, times new roman, garamound, dll. 

3. Margin

Standard margin lebih disarankan mengikuti kepada media-media yang sudah ada sebelumnya. Yaitu right, left, bottom dan top 1,5 cm. 

4. Gambar 

Hindari pemakaian banyak gambar pada sebuah artikel. Karena mata pembaca akan berebut dalam melihat terlebih dahulu antara gambar dengan tulisan anda. 

dan adapun beberapa hal yang berbau teknis dalam pengerjaan sebuah majalah yang bisa dijadikan pedoman sebelum anda membuat majalah : 

- Jika menggunakan gambar jangan lupa anda meng embed gambar tersebut. 
- Lebih disarankan menggunakan software : 
  •  Adobe In Design 
  • Adobe Page Maker 
  • Quack Express
  • Corel Draw
  • Adobe Ilustrator 
- Save File dalam bentuk wmf, Psd, Tiff, atau pdf. 
- Biasakan menggunakan satuan warna CMYK, jangan sekali-kali menggunakan RGB. 
- Hindari penggunaan font-font berukuran kecil dibawah 5 pt, karena itu akan mengganggu ketajaman dari pencetakannya. 
- Gunakan resolusi 300 dpi, jika anda menggunakan photoshop. 

Software sahabat dalam membuat satu layout majalah 3 item dari atas (rekomendasi). Karena dalam software in design, page maker dan Quack Express, mereka menyediakan beberapa fitur yang khusus untuk pembuatan majalah. 

Fitur yang beda dari software grafis yang bukan non majalah seperti Illustrator dan Corel draw adalah mereka tidak mempunyai logika balik kertas pada halaman. Berbeda dengan software yang direkomendasikan untuk membuat majalah. 

Satu hal yang harus diwaspadai adalah sebelum turun cetak sangat dianjurkan untuk memeriksa kembali bagian-bagiannya. Mulai dari design, materi sampai ejaan huruf perkata. Karena jika sudah turun cetak maka kesalahan-kesalahan tersebut akan membawa kerugian yang tidak main-main. 


Salam kreatif, 


@rie fabian


Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.