Iklan :

7 November 2011

Sebuah Perencanaan Tetap Diperlukan

Gambar sebelum di instalasi.

Client Saya, Drg. Iman dari House Of Dental Care And Aesthetic (Hodcaa) mengungkapkan ingin membuka tempat praktek baru didaerah BSD Junction. Lalu saya diberikan alamat persisnya dimana tempat barunya akan dibuat. 

Tepatnya tempat itu sebelumnya dihuni oleh salah satu usaha rental DVD, lalu saya diminta untuk melihatnya, kira-kira apa saja yang bisa saya kerjakan untuk tempat barunya tersebut.

Akhirnya jalanlah saya menuju tempat baru yang kebetulan tidak berjauhan dengan lokasi Fabian Studio pada saat itu. Lalu saya memberikan report kepada beliau, bahwa saya sudah melihat tempat yang dimaksud dan siap untuk melakukan briefing. 

Lalu saya kirimkan penawaran harganya kepada beliau dan disambut dengan mengatur waktu untuk melakukan Creative Brief. Lalu setelah penawaran disetujui saya melakukan creative brief dengan Drg. Iman tersebut. 

Hasil dari creative brief muncul kesimpulan sebuah kebutuhan yang disetujui oleh beliau. Kami diminta untuk membuat sebuah design dan implementasinya pada bagian depan tempat baru tersebut. 

Design Option 1

Design Option 2
Design Option 3

Saya akan mengganti Neon Sign yang sudah ada disana alias visualnya saja, karena dengan itu akan menekan biaya budget produksinya nanti. Lalu saya membuat sebuah perencanaan untuk design sticker oneway untuk ditempelkan pada bagian kaca depan. 

Pertimbangannya pada saat itu menggunakan Sticker Oneway agar orang yang didalam bisa tetap melihat yang diluar, namun tidak dengan sebaliknya. Option lain yang saya tawarkan adalah menggunakan cutting Sticker dan sticker Vinyl, namun yang di sepakati akhir adalah sticker oneway melalui creative brief yang dilakukan. 

Lalu saya memberikan gambar perencanaan saya kepada Drg. Iman tersebut untuk disetujui untuk sticker oneway.  Selain gambar sticker Oneway sayapun tetap memberikan gambar perencanaan untuk Neonbox nya. 

Hasil Akhir

Setelah design disetujui dan ditanda tangani maka saya melanjutkan kepada proses pembuatan produksinya. Dengan mengumpulkan orang teknis dan konstruksi untuk memproduksi kebutuhan yang sudah dibuat perencanaannya. 

Dalam membuat perencanaan design untuk media luar ruang ini saya sangat hati-hati melakukannya. Setiap gambar yang disetujui harus di tanda tangan sebagai bukti approval. Masalahnya jika gambar sudah terpasang pada media yang direncanakan dan akhirnya salah, kita harus kembali melihat materi yang disetujui oleh client. 

Waktu produksi hanya 3 hari dalam membuat semua kebutuhan, di hari ke 4 adalah proses pemasangan semua dimedianya masing-masing. Stickernya dipasang, dan neonboxnya diganti visualnya. Kita bisa melihat gambar hasil akhir yang saya berikan diatas, sebagai tanda penyelesaian pekerjaan. 

Lalu saya memberikan form serah terima pekerjaan kepada Drg. Iman dan selanjutnya beliau menandatangani kembali. Dengan begitu maka saya bisa menagihkan sisa pembayaran yang hanya kurang beberapa persennya dari proses downpayement. 

Ini menandakan bahwa sebuah perencanaan tetap diperlukan dalam keadaan seperti apapun dan kondisi apapun. Lebih baik jelas dari awal dan mempunyai bukti yang kongkrit agar pekerjaan kita tidak miss komunikasi kedepannya. Gambar sudah dipegang, tanda tangan client ada, maka proses bisa berlanjut kepada produksi dan instalasinya. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.