Iklan :

14 November 2011

Lebih baik satu dulu dari pada 2 tapi berantakan


Setiap orang ingin percepatan. Begitu pula dengan peluang yang datang dengan begitu cepatnya, terkadang sulit untuk kita menentukan untuk kita menolaknya padahal yang dalam genggaman kita pun belum terselsaikan. 

Kejadian yang sangat berharga untuk saya terima dibeberapa minggu belakangan. Dimana saya memang mempunyai ambisi yang sangat kuat untuk maju dalam waktu cepat. Namun saya tidak kembali berfikir bahwa cepat itu beresiko untuk melakukan kesalahan lebih besar, maka ketelitian pun terkadang terlupakan.

Memang sudah terlalu banyak yang saya kerjakan untuk beberapa minggu kebelakang ini. Sampai ada satu tawaran yang membuat saya memutuskan untuk mengerjakan hal tersebut, tanpa saya timbang kembali resiko mengambil pekerjaan tersebut. 

Berkata tidak pun menjadi hal yang sangat sulit pada saat kita ditawarkan beberapa peluang pada saat yang bersamaan. Lalu saya langsung untuk melakukan intropeksi diri untuk hal yang baru saja berlalu. 

Ternyata bilang "tidak" saja memang menjadi perkara yang sulit, saya berfikir lebih mendalam. Ini perkara profesionalisme kerja saja. Ketika memang sudah kita temukan hal yang banyak menggoda untuk kita kerjakan. 

Kesal dan ingin menyalahkan diri sendiri dengan menunjuk muka sendiri dicermin merupakan hal yang sering saya lakukan pada saat saya melakukan kesalahan. Ini pertanda kecerobohan telah terjadi pada system yang saya buat sendiri. 

Yah baru saja saya melakukan kesalahan pada aturan yang saya buat sendiri. Untuk mematuhi sebuah aturan yang kita buat sendiri memang sering kali kita menghadapi kesulitan. Namun saya selalu berfikir semua memang harus saya hadapi, dan waktu pun tidak pernah bergerak mundur. 

Maka yang terbaik saat ini untuk saya lakukan adalah evaluasi system pada diri sendiri. Ini merupakan hal yang paling sulit luar biasa, dibanding menciptakan system. 

Sekarang memang harus berani dalam mengambil sikap, berani berkata tidak dan berani untuk mempertanggung jawabkan semua yang sudah kita alami. 

Kini memang satu pelajaran penting untuk saya hari ini adalah tidak selamanya mengambil 2 itu bisa menambah speed kita dalam mengejar segala sesuatunya. Terkadang 2 itu juga merepotkan kita untuk mengejar hal yang akan kita kejar. 

Jadi pelajarannya adalah fikirkan kepantasannya untuk pekerjaan yang kedua dan yang ketiga, kalau memang satu sudah membuat energi anda terkuras maka yang kedua memang harus menunggu waktu yang pas untuk saya kerjakan, bukan sekarang tapi nanti pada saat ketegangan yang pertama sudah berlalu. 

my experience, 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.