Iklan :

21 September 2011

Sebuah Perubahan Pada Pelayanan

Gambar detik foto
Ketika berbicara tentang sebuah pelayanan dari lembaga Pemerintahan maka anda akan bosan mendengarnya. Dimana sebuah kegiatan pengguritaan calo masih banyak terdapat pada product-product pemerintahan ini. Tapi ada cerita yang beda pada hari kemarin yang saya jalani. 

Saya hanya ingin merasakan keotentikan bahwa sebuah pelayanan pada product pemerintahan yang selalu menawarkan perubahan. Dimana kita sering dengar slogan-slogan yang sangat menggiurkan kita salah satunya slogan-slogan mereka menghapuskan kegiatan calo.

Kemarin saya pergi berkunjung ke Samsat Ciledug didaerah Tangerang. Saya memang ingin merasakan sendiri tentang kebenaran yang telah diperjuangkan oleh pemerintah kita ini. Kalau sebelumnya saya biasa menyerahkan kegiatan ini kepada orang yang saya percayai untuk mengurus kebutuhan-kebutuhan ini, tapi sekarang berhubung ada waktu luang dan lagi kepingin aja in touch langsung kepada mereka. 

Sungguh kejadian yang jauh dari pandangan saya. Dimana disana saya dilayani dengan baik. Mulai dari datang yang mulai disambut oleh pegawai mereka. Saya hanya bicara kepada salah satu orang yang memang mereka tugaskan untuk menunggu diluar. Saya bertanya kepada dia bahwa saya ingin mengurus surat-surat kendaraan bermotor saya. 

Mereka interaktif memberikan informasi mulai dari hulu sampai hilir. Dia menjelaskan kepada saya kemana saya harus melangkah terlebih dahulu. Lalu step berikutnya dan berikutnya. Wah wah satu kejadian langka menurut saya. 

Ternyata kampanye mereka saya rasakan kebenarannya. Akhirnya kegiatan ini sudah mulai terkesan membaik atau jauh lebih baik. Dimana saya tidak melihat calo sama sekali disana. Padahal jika kita berbicara didaerah biasanya masih saja terdapat praktek-praktek percaloan ini. Namun saya bisa pastikan untuk daerah ciledug Tangerang tidak demikian adanya, karena saya mengalaminya.

Saya cuma menjalani proses kurang lebih satu jam. Karena saya sudah masuk ketahapan 5 tahunan, dimana itu harus mengganti kaleng plat saya. Namun semua saya rasakan hampir sempurna dan tidak ada cacat pelayanan yang mereka suguhkan kepada saya. 

Setelah kita diluar saya masuk kedalam, dan didalam mereka sediakan lagi orang yang menyediakan petunjuk bagi orang-orang seperti saya. Mereka berfungsi seperti costumer service di sebuah perusahaan swasta. Lalu dia bertanya kepada setiap pengunjung yang ingin memasuki gedung samsat tersebut. Lalu saya bertanya kepada dia, lagi-lagi rangkaian jawaban yang mudah dimengerti dan bisa saya jalani. 

Dia memberi tahu tempat informasi, kasir, tempat pengambilan STNK dan TNKB. Saya bisa katakan jelas mereka memang mau berubah. Saya mulai merasa dihargai sebagai warga negara. Kayaknya untuk anda yang selama ini apatis kepada pelayanan-pelayanan mereka boleh dicoba  yang satu ini, seperti yang saya rasakan langsung. 

Walaupun masih ada beberapa kekurangan-kekurangan pada pelayanannya namun saya tetap bisa bilang mereka memang mau berubah. Mudah-mudahan nanti saya merasakan hal yang sama untuk pelayanan-pelayanan mereka (lembaga pemerintahan) sama seperti ini juga, sehingga saya merasakan keberartian saya sebagai warga negara di Indonesia ini. 



Salam kreatif, 



@rie fabian 




2 comments:

  1. bener oom pas ngambil plat nomor gk dimintain "uang seikhlasnya"??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kok, saya sama sekali tidak dikenakan biaya (seikhlasnya) sekalipun ...

      Hapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.