Iklan :

15 September 2011

Makna logo Dji Sam Soe


Dalam keseharian kita akan selalui menjumpai logo ini, baik buat sang perokok atau bukan perokok. Ini yang menandakan keseriusan mereka dalam membangun suatu brand, dimana sebuah brand rokok ini saya sering mengatakan sudah menjadi legenda. Lalu kalau kita simak maksud dari logo dji sam soe sendiri adalah ... 

Logo Dji Sam Soe mempunyai lambang yang terdiri dari 3 angka, 2-3 dan 4. Asal usul ceritanya seorang pembuat merk dagang Dji Sam Soe ini adalah seorang yang keturunan dari Fujian, tiongkok yang bernama Liem Seeng Tee. Tapi Pak Liem ini lahir di Surabaya pada tahun 1913.

Dari pemikiran Pak Liem inilah logo 2 3 4 ini tercipta. Pak Liem sangat gemar dengan angka 9, yang sering disebutkan bahwa angka 9 selalu memiliki keberuntungan, atau lebi tepatnya angka 9 adalah angka keberuntungan. Lalu apa hubungannya dengan 234 dengan angka 9 ? 

2+3+4 =9, itulah yang dimaksud dari logo tersebut. Tidak tanggung-tanggung juga bahwa terdengar kabar didalam perusahaan pembuat dari Dji Sam Soe ini ada 234 orang didalamnya. Jadi ini menandakan bahwa beliau memang benar-benar mempercayai tentang keberuntungan dari si angka 9 tersebut. 

Sedangkan kalimat Dji Sam Soe nya sendiri berasal dari bahasa Hokian yang mempunyai arti 234. Dji itu 2, Sam itu berarti 3 dan Soe itu berarti 4. Jadilah 234 yang terus melegenda dari dunia permerekan di Indonesia. 

Sedangkan warna emas atau kuning emas pada warna dasarnya juga kita bisa lihat dimana sebuah warna emas dalam kalangan tionghoa sering diwujudkan sebagai warna keberuntungan. Sudah 9 nya beruntung warnanya pun memiliki keberuntungan, hasilnya 234 menjadi sukses besar Di Indonesia ini. 

Hubungan dengan kebenaran yang terakhir itu semua kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing. Ini hanya uraian dari logo 234 nya dji sam soe yang dibuat melalui pandangan-pandangan ini. Dimana sebuah angka 9 dan warna emas mempengaruhi pemikiran dari Bapak Liem seeng tee dalam proses pembuatan logo untuk merk dagangnya. 

Dji Sam Soe sendiri juga bila kita jumlah hurufnya mempunyai jumlah 9. Dan bintang yang diatas tulisan Dji Sam Soe juga memiliki jumlah 9. Semuanya tentang 9 pokoknya. Bahkan pemikiran pemikiran 9 ini masih terus dipercayai oleh bangsa Tionghoa sebagai keberuntungan sampai saat ini. 


Sumber :
Wikipedia



Salam Kreatif, 




@rie fabian 








0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.