Iklan :

6 September 2011

Era Kubisme Pada Seni



Kubisme adalah sebuah gerakan seni avant-garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque. Gerakan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatan Eropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra. Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Perancis. Pada fase kedua,Kubisme Sintetis, gerakan ini menyebar dan masih ada sampai sekitar tahun 1919, ketika gerakan Surealisme mulai dikenal masyarakat.






Sejarawan seni Inggris, Douglas Cooper menjelaskaan tiga fase Kubisme dalam bukunya, The Cubist Epoch. Menurut Cooper ada yang namanya "Kubisme Awal" (1906-1908) ketika gerakan ini mulai dikembangkan di studio Picasso dan Braque; fase kedua disebut "Kubisme Tinggi" (1909-1914) ketika Juan Gris muncul sebagai seniman berpengaruh; dan akhirnya "Kubisme Akhir" (1914-1921) sebagai fase terakhir Kubisme sebagai gerakan avant-garde radikal.

Dalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak—daripada menampilkan obyek dari satu sudut pandang, seniman menampilkan subyek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subyek dalam konteks yang lebih besar. Kadang permukaan bersilangan dalam sudut acak, sehingga menghapus kedalaman lukisan yang jelas. Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.


Beberapa contoh hasil karya pada era Kubisme : 













Penggagas dari Era Kubisme ini adalah Pablo Picaso. Pada jaman dahulu kala satu kebangkitan era seni selalu dibarengi pergerakan. Dimana akan diadakannya pameran dari satu era tersebut. 




Salam Kreatif, 








@rie fabian 

8 comments:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto.

    Tentang Indahnya INDONESIA.

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ..
      Nanti saya akan berkunjung balik mas ...

      Salam,
      @rie fabian

      Hapus
  2. Berat, saya nggak paham, wahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew ..
      Saya tidak kasih beban ditulisan ini ..

      he he he ..

      Salam kenal,
      @rie fabian

      Hapus
  3. Kubisme,sebuah genre modern dalam seni lukis. Dibutuhkan fantasi yang hebat dalam membuat kubisme.Salut buat Picasso yang telah mempopulerkan genre Kubisme ini.
    Dalam gallery2 lukis,nilai jual lukisan genre Kubisme cenderung lebih mahal dari lukisan ekspresionis dan realis :)

    BalasHapus
  4. kang Yos >> thanks yah udah mampir ..

    BalasHapus
  5. Informasinya bagus banget saya sangat menyukai artikel-artikel pada blog anda ini.

    Salam Jabat Tangan Dari Kami.

    blog ini lg Blogwalking...
    Dan Kalo Ada Yang Mau Cari Alat Bantu Sex Atau Obat Kuat Dan Obat Perangsang Atau Pun Obat Pelangsing Badan Blog Kami Menyediakannya jika berkenan berkunjung ya.. makacih

    BalasHapus
  6. Makasih blogwalkingnya ...
    saya akan gantian mampir ...


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.