Iklan :

6 September 2011

Sejarah Animasi Part I


Apa sih Animasi ? 
Animasi adalah menghidupkan urutan still Image (gambar yang tidak bergerak). 
Atau sering dibilang tekhnik memfilmkan susunan gambar atau model untuk menciptakan rangkaian gerakan ilusi. Jadi animasi itu dibentuk oleh model-model yang dibuat secara grafis dan kemudian digerakkan.

Animasi terdiri dari dua Jenis, yaitu animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Jika pada 2 dimensi kita sering melihat mickey mouse, Tom and Jerry, Donald Duck, dll, maka jika pada 3 Dimensi kita bisa melihat pada film Finding Nemo, 2012, Spiderman, dll. 

Untuk beberapa film animasi digabungkan dengan real film, seperti yang kita lihat pada film 2012 dimana beberapa tekhnik penghancuran gedung dilakukan oleh animasi. Pergerakan animasi ini dimulai dari Pixar Studio yang mulai memproduksi film-film 3 dimensi (kini Pixar telah diakusisi oleh Walt Disney). 



Kita bisa saksikan sebagaimana dukungan software 3D sekarang memberikan fasilitas kemudahan untuk membangun sebuah karakter ilusi.  Jika jaman dahulu kita lihat behind the scene pada film superman, mereka membuat set ruangan dan layar lebar bergambarkan gedung untuk membuat tekhnik terbang pada superman, tidak pada jaman sekarang. 

Dimana sebuah software 3 Dimensi bisa membuat satu adegan yang memang direkayasa oleh komputer dengan baik. 



Nah, kita bisa lihat pada contoh diatas. Dimana semua dilakukan combine antara software 3D dan Footage film. Oh iya, Footage itu adalah sebuah film-film pendek yang diperjual belikan untuk mendukung sebuah satu kesatuan dari film. Jika pada graphic designer kita mengenal background, wallpapper atau Ornament yang diperjual belikan, pada animasi ini disebut Footage. 

Jadi apapun yang ada dikepala anda bisa direalisasikan pada software 3 dimensi pada saat sekarang ini. Jadi ini semakin membuktikan, bahwa yang maju adalah idenya dari manusia yang mulai bertambah dan bertambah. Ketidak mungkinan itu kini dijawab oleh software-software 3 Dimensi (saya sudah ulas pada artikel sebelumnya) ini. 

Para pekerja pembuat Animasi ini adalah animator. Mereka memang khusus mengerjakan pembuatan animasi-animasi film. Kalau menurut saya pribadi sih basic dari software 3 dimensi ini adalah memahat bukan menggambar. Jadi membuat satu karakter itu seperti memahat sebuah patung, dengan software tentunya. 

Sang animator menerima sebuah storyline dan storyboard maka sang animator akan mengerjakan animasinya. Animator dibayar per detik untuk setiap animasi yang dibuat, wah gile yah. Harga sebuah film animasi adalah per detik. Lalu bagaiman dengan film Finding Nemo yah ? (kan semuanya animasi). Nah kalau yang itu mungkin ada klosal-klosal lain tentunya. 

Dunia visual sudah semakin maju dan semakin ditunjang oleh software-software yang canggih. Buat konsep dan buat ide yang menarik, untuk mempermudah pekerjaan kita dihadapan sebuah software canggih itu. Karena Software secanggih apapun jika kita membuat sebuah film pendek, maka tidak akan terlihat bagus secara satu kesatuannya. 



Salam kreatif, 




@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. Maaf kang...
    Saya kira tadi teritorial buat ngeblog ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he ..
      kalau tutorial blog
      http://imherry.blogdetik.com

      jagonya ..
      @rie fabian

      Hapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.