Iklan :

10 September 2011

Designer harus mengerti diferensiasi Produk


Ketika client menghubungi seorang designer dan meminta seorang designer membuatkan sebuah design untuk produknya maka sang designer akan membuat jadwal creative brief dengan client tersebut sebagai satu kesatuan agenda dalam penciptaanya membuat artwork yang diharapkan. 

Jadi jika kita analogikan produk tersebut bukan merupakan satu-satunya produk berjenis itu, maka seorang designer harus mampu membuat visual yang menandakan diferensiasi dari produk tersebut. Bayakngkan ada berapa macam produk sejenis itu yang akan anda buatkan designnya ? Jika layout anda tidak mengena maka design anda akan ditaksir sebagai produk competitornya (walaupun ada yang sengaja menggunakan tekhnik mimikri untuk pemasarannya).




Tiga barang diatas adalah sebuah produk 3 diantara yang lain yang sifatnya sejenis. Mereka menguatkan aspek diferensiasinya, dengan menggunakan faktor pembeda sebagai sub headline. Ini merupakan strategi seorang dseigner membuat tatanan layout yang mampu mengidentifikasikan diferensiasi tersebut. 

Bagi kebanyakan designer hal ini terkadang tidak terfikirkan, bahwa ini merupakan nyawa dari produk itu sendiri. Karena bagian ini yang akan di kampanyekan oleh produk-produk ini. Mereka menjual wanginya, bersihnya, cepatnya, dll, sebagai faktor pembeda dari yang lain. 

Membicarakan ini pada satu rangkaian dalam creative brief adalah hal yang tepat. Dimana anda bisa menanyakan tentang perbedaan dari produk yang akan anda design atau buat designnya. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian 

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.