Iklan :

10 Agustus 2011

Point Of Purchase

Point Of Purchase ini sering kita lihat pada sebuah pameran-pameran atau di supermarket-supermarket ditempat kita. Produksi dari Point Of Purchase (POP) ini biasanya menggunakan bahan karton tebal dan stereform. 

Pada dewasa ini POP ini menjadi kebutuhan bagi produsen-produsen untuk mewakili produknya pada supermarket. 

Kenapa harus menggunakan POP ini ? 










Material dan tampilan POP ini memegang peranan penting dalam pertimbangan konsumen memilih produk. Sebuah riset mancanegara menunjukan bahwa konsumen menghadapi 30 ribu pilihan produk ketika mereka mengunjungi sebuah toko serba ada dan hanya memiliki waktu seperenam detik untuk mengidentifikasi produk. Riset ini juga memperlihatkan bahwa sebanyak 75% pembelian dilakukan karena dorongan impulsif.

Jika kita tafsirkan kata dari impulsif adalah sebuah gerakan yang cepat karena terdorong oleh hati. Nah kita bisa kira-kira sebuah fungsi dari POP ini. 

Namun satu hal lagi bila kita lihat pertimbangan jaman sekarang dimana semua produk sudah disertai oleh POP nya sendiri-sendiri. Jika kita lihat pada jaman dahulu POP hanya ada pada produk-produk yang dihasilkan oleh produsen yang besar. Berbeda dengan saat sekarang dimana POP sekarang sudah ada pada semua produk. Nah berarti tinggal membuat satu bentuk yang menarik dari yang lain dan merencanakan visual yang baik untuk membuat POP tersebut deh agar seperti yang dikatakan diatas tadi membuat satu dorongan impulsif kepada konsumen untuk membeli. 

Berikut saya berikan contoh gambar yang lainnya : 










Nah bagaimana menurut anda, kreatif-kreatif bukan contohnya, tinggal anda merencanakan ingin dibuat seperti apa POP untuk product anda. 


Selamat berkreasi, 


@rie fabian 






0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.