Iklan :

6 Juli 2011

Yuk kita ngebahas Diorama

Penasaran yah gambar apa yang ada disamping kiri ?  Hah, nggak ya udah kalau nggak saya tidak teruskan postingan saya. 

Yap, gambar disebelah adalah gambar contoh sebuah karya seni miniatur sebuah kota pusat perbelanjaan di Tokyo. Miniatur ini sering pula dinamakan dengan "Diorama". 

Diorama itu dibuat untuk mengimplementasikan sebuah hasil maha karya dalam bidang arsitektur dalam bentuk mini atau kecil.

Jika kita mampir kedalam Monumen Nasional atau Monas disana juga terdapat Diorama dari Monas tersebut. Dengan melihat Diorama ini maka kita bisa membayangkan luasnya gedung yang telah kita masuki. Kita bisa lihat area apa saja yang menarik pada gedung itu tanpa harus berjalan kesemua area gedung. Seperti itulah fungsinya sebuah diorama.
Diorama ini bukan semata - mata untuk sebuah gedung saja loh. Ada diorama yang menampilkan sebuah miniatur pesawat terbang, alat - alat perang seperti tank, Pesawat tempur, kapal laut, dan lain - lain. Ada pula diorama yang menggambarkan satu situasi keadaan, seperti Diorama peperangan, diorama sebuah opera, dan lain - lain.

Model dan bentuk dari diorama ini juga terbagi dari beberapa tekhnik, ada tekhnik menggunakan Clay, menggunakan kertas yang dimasak, dan ada pula yang menggunakan Bahan metal seperti gambar diatas. 

Diorama ini merupakan satu seni cukup tinggi karena membuat detil pada benda yang kecil menurut saya adalah satu hal yang sangat menabjubkan. Sangat sulit sekali menafsir harga dari sebuah diorama ini. Para pelakunya juga tidak banyak. Beberapa pengrajin diorama ini banyak pula yang berganti haluan karena kurang diminatinya pada jaman sekaran ini.

Sekarang sudah jarang sekali terlihat pada suatu gedung mempunyai diorama. Jika kita melihat acuan pada gedung - gedung lama jaman dahulu pasti akan terdapat sebuah diorama didalamnya untuk memberikan informasi isi dari keseluruhan gedung tersebut. Nah sudah tahu kan sekarang, ya sudah berarti saya undur diri. 

@rie fabian 

2 comments:

  1. ow mantab om informasinya ternyata miniatur yang sering di pamerkan kalau ada yang jualan apartemen dsb itu namanya diorama :)

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.