Iklan :

5 Juli 2011

Perbedaan Visual Production

Ada satu hal yang ingin saya bahas terlebih dahulu antara perbedaan Visual Image dan Visual Production.  Jika kita berbicara pada area Production Visual adalah bahan yang digunakan untuk sebuah materi produksi jadi jika kita lihat gambar disamping Visual Production adalah bahan dari gambar yang berdiri disamping X Banner itu sendiri.


Sedangkan Visual Image adalah gambarnya. Jadi jika kita membicarakan Visual Production berarti kita bicarakan materi yang dipakai untuk produksinya. 

Visual Production untuk X banner memang banyak sekali tapi yang sering kita dengar adalah bahan Fleksi dan bahan Albatros / Luster. Kedua jenis bahan ini dikerjakan oleh mesin yang berbeda karakteristiknya, yang satu menggunakan mesin indoor dan yang satu lagi menggunakan mesin outdoor. Mengulas kembali perbedaan mesin
indoor dan outdoor adalah mesin yang mempunyai tingkat kerapatan membaca gambar yang berbeda. Jika kita menggunakan mesin indoor maka hasil cetakan dari mesin indoor bisa dilihat bag foto yang berada pada gambar karena basicly mesin indoor lebih rapat dalam mencetak gambarnya dan resikonya adalah menjadi lebih lama dalam proses produksinya. Sebaliknya dengan outdoor mencetak lebih renggang dalam setiap gambarnya. Nah kita bisa bayangkan hasilnya. 

Jadi kalau menurut saya idealnya bahan untuk media promosi X banner ini adalah albatros atau ada pula yang menyebut bahan ini luster. Karena kalau menilai dari fungsinya X banner itu dipajang untuk dilihat pada jarak pandang mata yang sangat dekat jadi tidak nikmat dilihatnya jika menggunakan bahan fleksi. Satu hal lagi yang menjadi masalah adalah biasanya untuk penggunaan huruf / font yang kecil sangat bermasalah jika diproduksi dengan bahan fleksi. Tulisan akan terlihat tidak jelas jika memang menggunakan size font yang terlalu kecil tapi tidak demikian dengan mesin indoor.

Namun satu hal yang harus diperhatikan sekecil - kecilnya huruf untuk mesin indoor tetap minimal sizenya adalah 1 cm. Jangan menggunakan satuan point untuk membuat perencanaan design pada kedua mesin ini. karena susah diprediksi untuk hasilnya nanti. Jika kita melihat dengan satuan cm maka kita bisa bayangkan hasil yang akan keluar nanti lewat media penggarisan milik kita sendiri. 

Lalu pertanyaannya untuk bahan fleksi jika memang tidak bagus untuk X banner tetap disajikan menjadi pilihan ? Nah inilah yang jadi pertimbangan pada beberapa client. Mahal dan murah tetap harus ada ukurannya, bagus dan buruk juga harus ada yang membedakan. Bahan fleksi untuk x banner ini biasanya saya beri tahu kepada client - client saya sebagai perbandingan bahwa lebih baik bahan Albatros dibanding dengan bahan fleksi namun secara harga lebih murah fleksi dibanding albatros. Jadi inilah 2 perbandingan yang saya berikan kepada client - client saya.

Untuk sebuah event yang hanya berlangsung dalam waktu satu hari dan tidak berkelanjutan saya sugest menggunakan bahan Fleksi karena biayanya bisa ditekan. Namun itu pun jika setuju dengan hasil visual nya nanti yang agak kurang maksimal. 

Apakah Kaki X banner masih bisa dipakai kembali pada saat selesai acara ? Jawabanya adalah bisa, namun kita membuat produksi untuk visualnya saja harganya tidak begitu jauh bedanya,  namun jawabanya tetap bisa. Beberapa perusahaan menyimpan kaki X banner ini setelah mereka menyelesaikan event yang mereka buat. Lumayan jika Qty lebih dari 10 lumayan signifikan juga perbedaan harganya.

Nah jadi tinggal terserah dari pilihan anda sekarang bahwa membuat promosi yang baik harus bisa dipastikan kembali unsur dari efektif dan efisiennya. Tapi satu hal yang harus dipastikan rencanakan selalu bahwa hasil apa yang anda ingin sampaikan kepada konsumen anda yang selalu disebut image perusahaan atau pencitraan perusahaan. Baik itu pencitraannya mesti baik pula. Selamat merencanakan.                                                  


0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.