Iklan :

17 Juli 2011

Komik Si Albi dari Alfamart


Ini adalah hal yang sangat inovatif sekali menurut saya. Secara marketing Alfamart berani mengevolusikan Pola marketing mereka lewat sebuah visual. Mari kita bicarakan hubungannya antara komik dengan evolusi marketing. 

Kenapa saya bilang alfamart berani ? yah karena kalau kita lihat secara klasifikasi alfamart sungguh jauh dari sebuah supermarket lainnya seperti Hypermart, Giant, carefour dan lainya tapi secara perkembangan visual marketing Alfamart memang mempunyai konsep yang sangat besar jika dari saya memandang, mengapa demikian ? 

Pertama Alfamart mempunyai sebuah maskot yang diberi nama si "Albi". Entah apa maksud dari kata albi kalau tebakan saya sih di lebah alfa. Al nya itu alfa dan bi = bee = lebah, ini menurut saya loh. 

Lalu yang kedua kini dia hidupkan maskot mereka lewat komik. Dengan edisi pertama ini dia sudah sangat out of the box. Lihat betapa tidak, dihalaman pertama sudah terlihat sebuah tagline, Alfamart for all. Ini sudah sebuah penanaman brand dihalaman pertama. 

Pada halaman berikutnya dikatakan disana Albi adalah  lebah yang berusia 10 tahun dan sekolah kelas 4 SD. Ini evolusikan lebah sekolah kelas 4 ?

Dan yang sangat dahsyat lagi adalah Albi ini memang ingin ditanamkan kedalam mindset orang sedari kecil. Bayangkan betapa dalamnya mereka ingin menanamkan brand mereka. Ini seperti cerita mickey mouse dan donald duck, tentu kalau saya tanya sekarang pasti kalian masih ingat.  Seperti itu pula lah albi dibuat. Mungkin sebentar lagi si Albi dibuatkan serial kartunnya. 

Jika sudah begini mau gak mau memang anak kecil sangat tertarik dan akan menanamkan albi dalam pikiran mereka tersendiri. Lalu bagaimana dengan maskot yang bernama "Si domar" milik Indomaret yah bisa dibayangkan. Inilah hal yang saya sebut evolusi marketing dimana sebuah elemen visual sudah bisa digunakan untuk berstrategi marketing dengan serius. 

Maka jika demikian gunakanlah sebuah konsep untuk visual marketing anda, agar mempunyai satu inovasi - inovasi yang sangat pas dalam mengenai target segmen anda. Karena sesungguhnya anda tidak menggunakan strategi pun uang anda akan keluar untuk dibelanjakan sebagai promosi pertahun atau perbulan, jadi jika tidak menggunakan strategi visual marketing anda.


Selamat berkreasi,


@rie fabian


2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.