Apakah branding sangat relevan untuk mendongkrak penjualan (sales) ?
Anda bisa menjawabnya sendiri setelah saya memberikan ilustrasi yang pernah dilakukan oleh sebuah coorporasi ditahun 1981 oleh Jovan, INC yang saya kutip dari buku "Promosi penjualan terbaik" karangan William A. Robinson.
Dimana pada tahun itu Jovan, Inc bersedia menjadi sponsor sebuah band yang bernama Rolling Stones untuk konser di 40 Kota Di US.
Jovan, INC adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri parfume. Kita lihat dimana korelasi nya padahal membiayai Rolling stones pada saat itu yang notabenenya masih salah satu musisi yang sangat popular ditahun itu bukan perkara biaya yang sedikit.
Dia hanya ingin mengejar satu rangkaian brand activision untuk perusahaannya, nah pertanyaannya relevankah ini dengan penjualan ? Mengapa Jovan mengeluarkan investasi sebanyak ini ?Sosialisasi konser pun berjalan Logo Jovan,Inc selalu ikut kemana media promosi membahas konser itu. Mulai dari elektronik, Media Cetak, Poster-poster dan media lainnya.
Lalu tidak lama kemudian Jovan mengeluarkan produk baru dari parfumenya yang bernama andron, parfume yang berbahan dasar pheromone, dalam versi laki-laki dan perempuan. Pheromone adalah zat kimia yang mengkomunikasikan gairah sex kepada lawan jenis yang menimbulkan tarikan sex.
Lalu tidak lama kemudian Jovan mengeluarkan produk baru dari parfumenya yang bernama andron, parfume yang berbahan dasar pheromone, dalam versi laki-laki dan perempuan. Pheromone adalah zat kimia yang mengkomunikasikan gairah sex kepada lawan jenis yang menimbulkan tarikan sex.
Dan Produk baru inilah yang akan diuntungkan dengan investasi stones, yang diprediksi akan menarik para penggemar stones yang berusia 18 - 34 tahun.
Bekerja sama atau cobranding dengan enterteint adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak koorporate besar. Salah satu tujuan dari Jovan Inc adalah menggunakan Stones tour ialah "mengesankan perdagangan eceran dengan inovatifnya Jovan dan posisi kepemimpinan dari produk barunya.
Bekerja sama dengan musisi yang sudah popular akan sama-sama memperoleh penyebaran promosi yang lebih luas dibanding mereka melakukanya sendiri-sendiri.
Bekerja sama dengan musisi yang sudah popular akan sama-sama memperoleh penyebaran promosi yang lebih luas dibanding mereka melakukanya sendiri-sendiri.
Bayangkan secara Branding Jovan mendapatkan space pada media tanpa harus membayarnya karena meliput disetiap kotanya konser Rolling stones merupakan magnet berita yang tidak bisa terelakkan. Satu publikasi yang berjalan dengan sendirinya.
Anda mau tahu hasilnya :
Anggaran yang dikeluarkan :
Total Biaya : 450 ribu dollar pada jaman 1981.
Hasil yang diraih :
Jovan menjua 8.000 produknya dalam 4 minggu. Mampu menarik 1,5 Juta orang dan memberi keuntungan kotor 34 Juta dollar.
Nah itulah strategi Branding yang menurut saya sangat brilian. Dan satu hal yang lain yang bisa dipastikan Brand dari Jovan akan menjadi Brand besar setelah acara itu selesai berjalan. Dengan begitu efek penjualan masih terus berlangsung kedepan.
Sumber : Buku Promosi penjualan terbaik, William A. Robinson
Salam Kreatif,
@rie fabian
@rie fabian
0 comments:
Posting Komentar
Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.