Iklan :

21 Maret 2012

Promotion Tools


Promotion tools kalau versi saya pada dewasa ini bukan hanya kartu nama, Leafleat, Brosur saja namun Sticker mobile Printing sudah hampir banyak kita jumpai. Minggu - minggu ini mungkin akan menjadi minggu terakhir saya memiliki kantor diatas karena kami akan pindah dalam jarak dekat demi kenyamanan dan ketenangan suasana kerja kami. Ketika kami berada diatas saya sering sekali memandangi jalan yang berada dibawah sana. Dan saya melihat hampir sepuluh menit sekali saya menyaksikan iklan berjalan ini yang disajikan lewat media Sticker printing ini. Ada dua media yang digunakan untuk sticker mobil pada kebiasaannya. Yang pertama adalah Sticker oneway yang bolong - bolong yang berada pada posisi kaca mobil. Kenapa harus menggunakan sticker oneway karena untuk kaca mobil kita yang dari dalam bisa melihat keluar sedangkan dari luar tidak bisa melihat kedalam karena tertutup gambar.


Oneway sticker ini juga biasa yang digunakan untuk sebuah gedung bertingkat selain mengurangi kadar cahaya yang masuk juga dapat memberikan efek iklan yang sangat kuat karena memancing mata untuk melihat keatas. Sticker yang kedua yang biasanya digunakan adalah sticker vynil seperti yang kita lihat pada gambar diatas.

Hitungan biaya produksi ini biasanya ada dua jenis yang pertama adalah printingnya sendiri dan biaya Jasa Pemasangan. Loh Kenapa ada biaya pemasangan ? dikarenakan pemasangan ini susah - susah gampang loh. Susahnya dua kali tuh baru gampang. Jika kita tidak terbiasa dalam pemasangan media ini akan berkerut dan tidak karu karuan hasilnya. Belum lagi ada proses pemotongan yang dilakukan langsung dibody mobil, bayangkan bila mobil anda BMW wah bisa berabe ketika cutting dibody dilakukan oleh orang yang tidak terbiasa bisa - bisa terangkat oleh cat - catnya resikonya lebih besar dibanding anda membayar memang orang yang sudah terbiasa memasang sticker tersebut.

Proses pembuatan design jika memang terkonsep dengan rapih akan menghasilkan sebuah iklan yang mampu memancing mata untuk melihat. Yang pertama dalam membuat iklan adalah eye cathcing terlebih dahulu baru komposisi. Buat perencanaan yang sangat baik dan matang jika memang gambar terpotong potong. Lihat komposisi gambar berjalan ini jangan memberikan elemen yang terlalu banyak karena prinsipnya gambar ini bergerak sifatnya durasi orang membaca cepat. Coba kita lihat komposisi diatas sungguh enak dipandang mata dan mudah dimengerti. Ukuran font nya semuanya pas untuk dibaca dan anda pasti langsung mengerti kalau itu merupakan iklan dari Panasonic sebuah produk.

Banyak orang yang idealis dengan menampilkan semua informasi yang berdesak - desakan karena aji mumpung kapan lagi, namun hasil yang didapat mata orang membaca enggan membaca tulisan itu karena terlalu sumpek. Kasih ruang kosong untuk mata bernafas kalau saya bilangnya seperti itu. Jangan dijejali semua karena percuma banyak tapi gak fokus mendingan sedikit tapi langsung kena, jadi orang mudah mengerti. Jangan memikirkan lampu merah saja pada saat mobil ini berhenti namun fikirkan bagaimana caranya orang dapat membaca dalam waktu mobil ini berjalan thats it the point is. Jadi buatlah perencanaan yang matang karena dalam melakukan iklan ini akan banyak mengeluarkan biaya mulai dari produksi hingga pajak iklan yang harus dibayarkan kalau tidak maksimal akan menghasilkan sesuatu yang sia - sia menurut saya.

Kalau saya lihat eranya sekarang orang udah semakin tidak bisa melihat spot kosong. Spot kosong dianggap peluang untuk berpromosi. Para penyedia jasa advertising luar ruang berusaha se kreatif mungkin untuk menciptakan sebuah ruang baru untuk iklan anda. Tidak terbatas ruang itu - itu saja. Semakin ekstrim pasti semakin mahal biayanya. Selamat berproosi ria.

Terima kasih

@rie fabian

Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. Kalo aku bukan Aji Mumpung tapi Trisno Aji *promosi

    BalasHapus
  2. hahahahahahaha ...

    Thanks mas Aji.
    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.