Iklan :

8 April 2011

Kaka Slank Salah satu Inspirasi saya


















Loh kenapa kaka slank ?

Yah kenapa harus mengotak - kotakan seni ? Kita harus akui bahwa musik juga bagian dari seni. Kenapa kaka slank yang telah menjadi inspirasi saya ? begini ceritanya,
waktu itu saya ingat benar tahun 1995 dimana slank mengeluarkan album Kampungan yang hits nya ada mawar merah dan terlalu manis. Awalnya saya membeli karena ada kedua lagu itu. Tapi ketika saya membaca dan mempelajari musicnya sangat ideal untuk anak muda jaman itu (1995).

Rock & Roll and Freedom style identik dengan kebebasan, ketidak teraturan dan Comfortable banget untuk saya mengingat saya tinggal dengan nenek saya jauh dari orang tua. Begitu saya mempelajari lyrick lagu yang lainnya wow sangat fantastis berbicara tentang satu kumunitas yang sangat independent dan idealis, mampu memvisualisasikan pulau yang indah tanpa resah untuk bicara.

Semakin penasaran saya dibuatnya maka saya membeli album sebelum kampungan yaitu sweet - sweet hai gadis sexy, disini ditambah lagi dengan tulisan - tulisan yang idealis. Saya mulai fanatis dengan Slank mulai dari Lyrick, style, Aransement music yang disitu ada Indra Q yang menurut saya mampu membuat ambience musiknya menjadi sangat sempurna dan penuh sekali.

Saya mulai merambah kepada artikel - artikel mereka mulai dari habit sampai mereka konser. Cuma satu yang disayangkan sampai saat ini saya tidak pernah bertemu dengan kaka slank (padahal pengen banget).

Selepas itu mereka memperkenalkan generasi birunya dengan lengkap aturan - aturan kebebasan dan norma yang ideal untuk generasi biru tersebut. Dan dilanjutkan dengan minoritas dan lagi sedihnya. Selepas lagi sedih saya sudah tidak mengikuti kembali perjalanan mereka hanya sekedarnya karena saya merasa ada yang hilang dari musiknya walaupun masih sesempurna dulu.

Dari Perjalanan mereka saya melihat 2 sosok orang yang idealis (kaka dan Bimbim) yang terus mengejar mimpinya dengan konsisten. Mereka ingin membuat dunianya sendiri. Dunia didalam dunia itu keren banget. Sampai saat ini kita bisa melihat mereka berdua sangat legendaris di indonesia (dengan parameter karya mereka tetap produktif yah).

Mereka sangat konsisten meraih mimpi - mimpi mereka untuk satu puncak mimpi yang mereka impikan. satu hal lagi yang paling terpenting mereka tidak habis termakan zaman walau banyak yang bilang dhani lebih maju dalam bermetamorfosis bermusik tapi saya tetap setuju merekalah yang abadi.

Mereka terus berinovasi tentang musiknya agar selalu diterima dikuping masyarakat luas dengan ilustrasi Pop nya dan dengan ambience Blues yang kentalnya. Idealisnya tetap ditampilkan dengan menambah sisi komersil dari lagu tersebut. Disini menurut saya banyak pola dan strategi bisnis enterteint yang banyak bisa kita pelajari dari mulai menciptakan karya sampai dengan menjual dan merenovasi karya.

Publish musik pada masa sekarang tidak semudah pada saat tahun 1995 dimana Indonesia belum menggeser indusrtri music copy pasti atau Upload - donwload. Sekarang begitu tergeser polanya mereka mengganti paket jualannya dengan menggandeng beberapa Provider dan produsen gadget untuk semua karyanya. Langkah strategi inilah yang saya maksud dengan inovasi industri. Sungguh Ciamik.

Sampai sekarang kita masih melihat kaka slank dengan gagah berada diatas panggung untuk bisnis musik dan menampilkan karyanya. Satu hal lagi baca biografi mereka yang sangat minim pendidikan dan akhirnya mereka bisa mendapat penghasilan seperti maksimal pendidikan.

Ini bukti bahwa mereka telah banyak mengajarkan kita untuk tidak menyerah kepada keadaan terlepas apapun masalah anda dimuka bumi ini. Tetap berusaha dan raih mimpi - mimpi Anda secara konsisten.

Semoga tulisan saya bermanfaat.
Salam kreatif untuk Indonesia.


Arie Fabian


Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. Kaka 'SLANK' salah satu vokalis idola gue, SLANK juga salah satu band favorit gue(inilah band yg paling sering gue tonton konsernya selain /rif...Kehebatan Kaka diakui dengan masuknya dia dalam 100 penyanyi Indonesia terhebat sepanjang masa versi Rolling Stone Indonesia, Gue jadi inget dulu temen gue namanya Suci ngidam nonton konser Slank waktu hamil 7 bulan,hehehe suaminya kerepotan deh...Salut buat Kaka Slank...

    BalasHapus
  2. Ya memang inspired banget gue juga begitu mengenal kaka slank ini .... so Powerfull Art, gesture tubuhnya saja sudah art banget. Bagaimana saya bisa seperti dia yah (jadi pengen wawancara dia) .... So cool ..

    BalasHapus
  3. pernah ketemu kaka slank jaman dulu masih kuliah di medan tapi aku gak ngeh kalo itu kaka :p

    BalasHapus
  4. ha ha ha kemarin aja digramedia juga nggak ngeh ketemu dengan siapa pulak itu aku lupa penyanyi ... kayaknya minus nambah niy ....

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.