Iklan :

7 April 2011

Berfikirlah yang kreatif




















Kreatif itu bukan digunakan jika kita sangat terdesak (karena biasanya jika kita kepepet orang tersebut pasti kreatif saya yakin itu). Kreatifitas itu bisa diolah dan digunakan kapanpun kita mau asal dibiasakan. Berikut saya memberikan tips agar mampu membiasakan diri untuk berfikir kreatif :

1. Membuat diri terdesak

Memang paling mudah pada saat kita sedang terdesak menggunakan sisi kreatif kita dan disini akan ada 2 kemungkinan berbohong dan berkata yang sejujurnya dengan akting yang sebaik - baiknya. Jika keadaan ini bisa memacu otak kita akan berfikir kreatif maka gunakan kesempatan ini untuk keadaan yang tidak benar - benar terdesak. Jika deadline kita masih satu minggu buat skema dalam otak kita bahwa deadline itu tinggal 2 hari lagi, jadi kita dapat mereview kembali pekerjaan kita pada hari ke 4 dan ke 5.

2. Selalu berandai - andai

Orang yang membutuhkan sesuatu juga memacu salah satu otak kita agar berfikir kreatif. Contoh : Seorang pegawai mempunyai penghasilan (gaji) 1,2 Juta sebulan tapi karyawan itu mempunyai mobil corolla new Series (bukan korupsi maksudnya yah, udah bosen denger berita itu gak selesai - selesai). Dia pasti menggunakan salah satu sel diotaknya dari 9999999 sel otaknya yang kreatif. Entah itu dia bekerja sambilan kembali, Freelance ataupun yang lainnya. Nah contoh diatas memacu kita, maka berandai - andailah anda ingin mempunyai sebuah mobil agar dapat memacu sisi kreatif kita. Saya harus melakukan kerja freelance jika tidak saya tidak akan bisa membeli sebuah mobil. Maka jika sudah ada kata seperti ini maka perjalanan anda menuju pembelian mobil tersebut akan diisi oleh hari - hari yang kreatif.

3. Jangan Patah semangat

Gagal sekali langsung lesu, wah saya tidak bakat. Hindari kata - kata wah saya tidak bakat. Everything can do anything thats it. Hanya itu yang harus Anda tanamkan dalam kepala anda. Siapapun bisa melakukan apapun. Tapi jangan mengalahi kodratnya. Misal : jika kita tidak bisa gambar lalu kita tekuni ganbar sampai bisa lalu kita lihat orang lain tanpa belajar dia alamiah bisa menggambar dengan lebih bagus dari kita.

Syukuri apa yang sudah kita bisa lakukan sekarang. Masing - masing kita diberikan talen sendiri - sendiri, kelebihan sendiri - sendiri bagus selalu relatif makanya dalam berbuat cari yang terbaik bukan terbagus. Kalau terbaik itulah yang kita lahirkan dari emosional kita yang terbaik. Tapi intinya siapapun bisa melakukan apapun itu pasti, tidak percaya buktikan sendiri.

4. Mampu mempergunakan keadaan.

Pernah ingat film Mac Gyver, yah dulu saya mengikuti serial ini walaupun setelah besar saya tahu itu bohong belaka namun serial itu megajarkan kita bagaimana caranya menggunakan kesempatan pada keadaan sekarang. Jangan mengeluh kepada Tuhan bahwa Anda sekarang ada didalam kumpulan orang - orang yang tidak anda senangi tapi percayalah kepadaNYA bahwa anda akan diberikan pelajaran satu kali lagi, maka pergunakan keadaan sekarang sebagai batu loncatan untuk diri Anda sendiri.

Sebab Tuhan tidak pernah mempertemukan kita dengan orang lain tanpa rencana. Ada sebuah rencana yang baik yang akan anda terima jika Anda dapat mensyukuri keadaan itu walau Anda beranggapan keadaan itu merugikan anda. Tidak ada kenaikan kelas jika tidak ada ujian.

5. Mengamati dengan seksama

Saya masih ingat ketika 2 tahun yang lalu saya mempunyai masalah yang cukup berat, sayangnya saya lupa masalah apa waktu itu yah. Nah pas mau berangkat kekampus Budi Luhur saya masih menggunakan Angkutan umum. Pada angkutan umum yang kedua ada 3 orang ibu - ibu sedang berbicara, karena keras dan saya hanya sendiri maka saya mau tidak mau mendengarkan pembicaraan mereka dengan dilala mereka sedang membicarakan pembahasan tentang masalah saya dan saya mendengarkan jawaban permasalahan saya dari mereka.

OOoo ini Tuhan sedang memberitahukan jawaban kepada saya medianya 3 orang ibu - ibu tersebut. Itulah gunanya mengamati dengan seksama. Bukan kita harus mendengarkan semua pembicaraan orang lain namun mawas diri pada saat kita berjalan sesungguhnya jawaban dari pertanyaan anda kadang ada dialam terbuka. Dan kadang kreatif itu timbul dari kita melihat sesorang berjalan, berbicara, beraksi dan lain - lain. Belajar dengan alam sangat tidak memusingkan dibanding kita harus mencari guru (walaupun kita perlu kadang sesekali berguru kepada orang lain).


Itulah pengalaman saya dalam mencari ide - ide segar untuk dijadikan inspirasi saya dalam berbuat yang lebih kreatif lagi hari ini. Sungguh luar biasa hidup yang saya amati. Bayi - Remaja - Tua dan kembali pastinya ada banyak pelajaran yang akan kita dapati bersama.

Semoga tulisan saya dapat bermanfaat bagi pembaca blog saya.
Salam kreatif untuk Indonesia.


@rie fabian

11 comments:

  1. he he he ada juga hasilnya yang berkunjung ... terima kasih yah mbak melly ....

    BalasHapus
  2. Paling enak sih memang membiasakan diri hidup kreatif. Cara paling mudahnya adalah dengan tidak hidup biasa dan reguler. Kalau dari buku yang saya baca, misalnya pergi ke pasar atau antar anak sekolah, jangan selalu lewat jalan yang sama. Coba ambil jalan yang beda-beda. Biasa pakai jam tangan hanya di kiri? usahakan tiap hari pindah-pindah kanan dan kiri. Malah Penulis bukunya itu kadang tidur tidak di atas kasur. Dia kadang tidur di bawah kasur. Atau tidur dengan bantal di atas kepala, bukan di bawahnya.

    Karena kreativitas muncul karena pengalaman perasaan. Dengan mengambil gaya hidup yang gak biasa, pengalaman kita akan makin banyak. Contoh ambil jalan untuk ke pasar ajah, kalau gak sama setiap hari pasti deh yang kita temui juga makin banyak. Dan pastinya bisa jadi referensi ide jika sewaktu-waktu dibutuhkan. :D

    BalasHapus
  3. Satu komentar yang inovatif dan kreatif, terima kasih bang eza ... tapi satu pertanyaan saya kenapa id nya begitu ... ?????

    BalasHapus
  4. Soalnya, themesnya cloning dari detik sob. Biasanya yang mampir gak komen karena sekilas di kira portal berita detik. Makanya pake id bukan detikcom :D

    BalasHapus
  5. oooo gitu baiklah kalau gitu, thanks comment nya yah ...

    BalasHapus
  6. kata prof yohanes, disaat mendesak berlaku hukum mestakung, semesta mendukung. dimana potensi kita mengalami loncatan shg mampu berbuat sesuatu diluar kebiasaan :)

    nice post bro.

    BalasHapus
  7. okelah, memulainya darimana ya?

    BalasHapus
  8. Eyang > Yap benar kata profesor yohanes begitu, tapi ngomong - ngomong profesor yohanes itu siapa yah, eyang ?
    * Garuk - garuk kepala ...

    BalasHapus
  9. Kurnia > dimulai dari pola hidup yang tidak biasa kang ...

    BalasHapus
  10. Gue malah terlalu kreatif cara berpikirnya, agak nyeleneh dan agak ngawur...

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.