Iklan :

14 April 2011

Final Artwork


Apa pentingnya Final Arwork dalam dunia Design ?

Final Artwork sangat diperlukan untuk proses pembuatan Produksi. Jika Final Artworknya salah maka akan terjadi kesalahan yang fatal pada produksi bilamana tidak ada Mock up/dummy. Hal yang harus diperhatikan pada Final Artwork adalah :



1. Garis Potong
2. Garis Lipat
3. Blead
4. Ukuran Produk
5. Colour Chart


1. Garis Potong

Garis Potong merupakan salah satu elemen yang penting untuk acuan pada Final Artwork. Buat Garis Potong/Pass kris untuk menentukan mana yang dipotong dan mana yang tidak. Disinilah kita memerlukan Mock up/dummy untuk visualisasi bentuk agar jelas garis potong tersebut dibuatnya seperti apa.

2. Garis Lipat.

Kita Lihat pada Final Artwork NUK, Kita bisa melihat dengan jelas Lipatan dan Potongan. Buat yang standard agar orang yang memproduksi produk anda mengerti, jangan membuat Final Artwork sesuka gaya - gaya Anda sendiri jika tidak dipahami oleh orang produksi maka akan Fatal akibatnya.

3. Blead

Blead tidak kalah penting dengan garis potong dan garis lipat. Blead adalah lebihan gambar yang sengaja dilebihkan agar pada saat dipotong tidak terkesan terpotong tapi sisa gambar menjaga ketika mesin pemotong kertas lari 1 mm. Bukan hal tidak teliti pada saat pemotongan kertas meleset 1 mm. karena ketika kertas ditumpuk dalam jumlah banyak mesin pemotong menjepit kertas dan pisau potong turun terkadang tumpukan itu meleset dan bergeser 1mm. makanya dalam persiapan Final Artwork dibutuhkan warna/gambar yang lebih untuk menjaga melesetnya kertas.

4. Ukuran Produk

Jangan Sekali - kali membuat design dengan skala selain 1:1. Mentang - mentang besar lalu kita membuat ukurannya 1:10. Produksi tidak akan mengerti jika kita membuat ukuran tersebut terskala (masalahnya ini bukan arsitek man). Kecuali pada produksi Digital Printing biasanya masih ditanyakan ini skala 1: berapa. Buatlah ukuran Produk dengan real Size agar dapat dipahami dengan orang Produksi.

5. Colour Chart

Berikan Colour Chart pada orang produksi jika memang ada warna Khusus. Apa itu warna Khusus ? ". Warna Khusus adalah warna yang memang harus dapat dikejar karena itu berhubungan dengan warna perusahaan atau warna yang baku, tidak boleh diubah. Pada Final Artwork NUK diatas warna merahnya dibuat oleh designer adalah warna Pantone agar orang produksi mengerti kalau merah itu adalah warna khusus, harus dikejar persis seperti Mock up.


Banyak orang yang tidak sadar betapa penting dan rumitnya membuat Final Artwork. Membuat designnya Jika anda mengerti Software Design memang mudah namun belum tentu semua designer bisa membuat Artwork. Banyak para designer meminta jasa Orang produksi untuk membuatkan Final Artwork agar pada saat produksi tidak terjadi kesalahan. Sangat disarankan jika anda yang membuat design lebih baik Anda pula yang membuat Artwork karena Anda mengerti lika liku dan perjalanan dari design itu sendiri. Selamat mencoba.


Salam Kreatif Untuk Indonesia.


@rie fabian 

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.